nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Babel Tangkap Bandar Sabu Bersenpi Ilegal

Arsan Mailanto, Jurnalis · Senin 19 Februari 2018 23:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 02 19 340 1861765 polisi-babel-tangkap-bandar-sabu-bersenpi-ilegal-zCVOQMZtQP.jpg Polda Babel rilis kasus narkoba (Foto: Arsan Mailanto/Okezone)

PANGKALPINANG - Ditreserse Narkoba Polda Bangka Belitung (Babel) berhasil menangkap pengedar narkoba jenis sabu. Pria berinisial A itu juga kedapatan membawa senjata api rakitan ilegal dan air softgan.

Dirnarkoba Polda Bangka Belitung, Kombes Pol Suhirman mengatakan tersangka diamankan di kediamannya, jelang berakhirnya Operasi Antik Menumbing yang dilakukan selama dua pekan dari tanggal 5-16 Februari 2018.

"Dari tangan tersangka pengedar narkoba, kita amankan senjata api. Senpi ini berdasarkan keterangan tersangka untuk pembelaan diri, namun kita masih mendalami untuk apa senpi tersebut," ujarnya kepada awak media saat konferensi pers di Mapolda Babel, Senin (19/2/2018) sore.

 (Baca: Selundupkan Sabu ke Botol Kosmetik, 5 Kurir Ditangkap Polisi)

Selain itu, kata Suhirman petugas kepolisian juga mengamankan sedikitnya 18 butir peluru aktif dari tangan pelaku dan tersangka sempat melakukan perlawanan ketika akan ditangkap.

"Ada 18 butir peluru dan 17 paket sabu siap edar kita amankan dari tangan tersangka ini, dan alhamdulillah tersangka berhasil kita amankan meski sempat ada perlawanan pelaku saat ditangkap," ia menuturkan.

Untuk pengembangan kasus lebih lanjut, tersangka kini mendekam di sel tahanan Mapolda Babel. Selama dua pekan Operasi Antik Menumbing 2018, Dirnarkoba Jajaran juga berhasil mengamankan 51 penyalahgunaan narkotika dan berhasil mengamankan sejumlah barang bukti (BB).

Tak hanya itu, jajaran Polda Bangka Belitung juga berhasil meringkus 51 orang penyalahgunaan narkotika. Penangkapan tersebut dilakukan selama dua pekan digelarnya Operasi Antik Menumbing 2018.

"Selama operasi antik digelar serentak di seluruh Jajaran Polda Babel, sejak 5 sampai 16 Februari 2018, kami berhasil mengamankan 51 tersangka penyalahgunaan narkoba," timpal Suhirman.

Dari 51 tersangka, lanjut dia pihaknya berhasil mengamankan barang bukti (BB) sabu-sabu, ganja, alat isap sabu (bong), timbangan digital sabu, senjata api, pil ekstasi, senjata tajam dan sejumlah barang bukti lainnya.

"Barang bukti yang kita amankan berupa sabu-sabu 4,05 gram, ganja seberat 96,97 gram, 5 timbangan digital sabu, sejumlah bong, 2 unit senpi, 6 butir ekstasi, 910 butir obat berbahaya, uang tunai hampir Rp10 juta, 11 unit kendaraan roda dua dan 4 unit kendaraan roda empat, serta sejumlah barang bukti lainnya," tuturnya.

Kabid Humas Polda Bangka Belitung, AKBP Abdul Mun’im menambahkan, bahwa pelaku saat ini 51 tersangka dan masih mendekam di sel tahanan Mapolda Babel untuk mengembangan kasus lebih lanjut.

"Para tersangka akan di proses pengembangan lebih lanjut, dan kita juga masih memburu tersangka narkoba lainnya yang masih berkeliaran baik yang masuk target operasi (TO) kami maupun tidak," pungkas Mun'im.

 

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini