Sudah Diampuni Presiden Peru, Alberto Fujimori Akan Kembali Disidang

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Selasa 20 Februari 2018 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 20 18 1861966 sudah-diampuni-presiden-peru-alberto-fujimori-akan-kembali-disidang-lIPheTAZko.JPG Mantan Presiden Peru Alberto Fujimori bisa kembali menjalani sidang (Foto: Enrique Castro-Mendivil/Reuters)

LIMA – Mantan Presiden Peru, Alberto Fujimori, bisa saja kembali menjalani persidangan. Pria berusia 79 tahun itu sebelumnya sudah mendapatkan pengampunan dari Presiden Pedro Pablo Kuczynski atas kasus korupsi yang dilakukannya hingga dibebaskan dari penjara dengan alasan kemanusiaan.

BACA JUGA: Presiden Peru Ampuni 'Diktator' Alberto Fujimori 

Akan tetapi, Pengadilan Kriminal Nasional mengatakan, pengampunan terhadap Fujimori itu bukan berarti pria keturunan Jepang tersebut akan bebas dari proses hukum lainnya. Ia masih bisa dituntut pertanggungjawaban atas pembunuhan 10 orang petani di Pativilca pada 1992.

Melansir dari Reuters, Selasa (20/2/2018), Alberto Fujimori diduga memerintahkan paramiliter untuk membunuh 10 petani tersebut. Selain sang mantan presiden, sebanyak 22 orang lainnya juga akan disidang untuk kasus yang sama.

Namun, menurut keterangan juru bicara otoritas peradilan Peru, Alberto Fujimori masih bisa menyatakan banding untuk proses hukum tersebut. Pihak pengacara Fujimori mengatakan, Mahkamah Agung saat ini sedang mempertimbangkan keberatan yang diajukan kliennya.

BACA JUGA: Mantan Presiden Peru Alberto Fujimori Dilarikan ke Rumah Sakit

Tingkat kepuasan warga Peru terhadap Presiden Pedro Pablo Kuczynski turun drastic pada Februari, menurut lembaga survei Ipsos. Sebab, banyak yang percaya bahwa pengampunan tersebut memiliki motif politik tersembunyi meski sang presiden membantah.

Sebagaimana diketahui, Presiden Pedro Pablo Kuczynski memberikan pengampunan kepada mantan diktator Alberto Fujimori setelah yang bersangkutan dilarikan ke rumah sakit pada Desember 2017. Di saat bersamaan, posisi sang presiden tengah digoyang isu pemakzulan atas kasus korupsi.

BACA JUGA: Presiden Peru Lolos dari Pemakzulan Parlemen

Pengampunan itu diyakini diberikan oleh Pedro Pablo Kuczynski demi memenangi suara anggota parlemen yang merupakan simpatisan Alberto Fujimori. Meski masa pemerintahannya hanya 10 tahun, Fujimori dianggap memiliki dua sisi mata uang.

Sebagian rakyat Peru mengagumi Alberto Fujimori karena mengalahkan pemberontak Maois serta membawa negara tersebut keluar dari krisis ekonomi. Akan tetapi, para pengkritik menganggap Fujimori sebagai diktator yang korup serta melakukan kejahatan kemanusiaan.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini