nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kompensasi bagi Keluarga TKI Adelina Sudah Dibayarkan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 21 Februari 2018 19:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 21 18 1862770 kompensasi-bagi-keluarga-tki-adelina-sudah-dibayarkan-fa32X3DEem.jpg Ilustrasi.

JAKARTA - Kasus kematian yang menimpa tenaga kerja Indonesia (TKI) bernama Adelina Jemira Sau, amat menyayat hati. Duka tidak hanya dirasakan pihak keluarga dan juga warga Indonesia, tetapi juga Malaysia sebagai saudara serumpun.

BACA JUGA: Ibu dan Anaknya Akan Dituntut Atas Kematian TKI Adelina

Meski korban diketahui masuk ke Malaysia secara ilegal, Negeri Jiran tidak akan berkompromi dengan apa yang terjadi. Para penjahat akan diadili sesuai dengan hukum yang berlaku di Malaysia.

"Kami meminta agar warga Indonesia memberi waktu bagi polisi untuk menyelesaikan penyelidikan untuk menemukan pelaku sebenarnya," ujar Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim, dalam konferensi pers di Kedutaan Besar Malaysia, Kuningan, Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Sejauh ini sudah tiga orang ditangkap dan menjalani proses hukum. Satu dari tiga orang itu sudah dijerat dakwaan pembunuhan sesuai Pasal 302 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Malaysia dengan ancaman hukuman gantung.

"Yang dijerat pasal pembunuhan itu ibu majikan. Salah seorang lagi didakwa pasal 55b Pakta Imigrasi karena membayar secara ilegal," imbuh Mohamed Zahrain Hashim.

Pria yang sudah lima tahun berada di Indonesia itu mengatakan, seorang perwakilan pihak keluarga pelaku sudah memberikan kompensasi sebesar 63.900 ringgit (setara Rp222 juta) kepada pihak KJRI di Penang untuk diserahkan kepada pihak keluarga. Kompensasi tersebut sudah mencakup gaji yang tertunggak dan pelayanan jenazah.

BACA JUGA: Dubes Malaysia: Moratorium Bukan Solusi Selesaikan Masalah TKI

"Saya menyampaikan turut berduka cita kepada keluarga korban. Saya mendengar jenazah beliau sudah dipulangkan dan dimakamkan dengan hormat," kata Dubes Zahrain.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini