nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setya Novanto: Fahri Hamzah Orangnya Lurus

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 22 Februari 2018 12:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 22 337 1863057 setya-novanto-fahri-hamzah-orangnya-lurus-YyaJFaUokc.jpg Setya Novanto menilai sosok Fahri Hamzah orang yang lurus

JAKARTA - Mantan Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) meyakini Fahri Hazah tidak melakukan tindak pidana korupsi seperti yang ditudingkan oleh Nazaruddin belum lama ini.

"Pak Fahri Hamzah sepengetahuan saya selama saya menjabat bersama sama, itu orang yang sangat lurus enggak pernah mau hal-hal yang berkaitan dengan uang yang bukan miliknya. Dan dia yang saya lihat orang yang bersih," ujar Setnov, Kamis (22/2/2018).

Terdakwa kasus korupsi E-KTP itu pun menyesalkan tudingan Nazaruddin kepada Fahri. "Saya jamin 1.000 persen Pak Fahri enggak akan melakukan (korupsi) soal itu," kata Setnov.

Kata Setnov, selama berkerja sama di DPR, Fahri dikenalnya sebagai sosok yang mendedikasikan hidupnya untuk bekerja.

"Tidak pernah memikirkan uang bahkan ada yang berupaya juga ke dia, dia enggak pernah mau. Dan selalu cerita ke saya, jadi saya lihat kehidupannya sangat sederhana, kepentingannya hanya untuk kepentingan bangsa negara rakyat dan konstituen itu saja dia," terangnya.

(Baca Juga: Fahri Hamzah: Kalau Mau Perang Ayo!)

(Baca Juga: Dituding Korupsi oleh Nazaruddin, Fahri Hamzah: Bohong! Dia Enggak Punya Bukti)

Karena itu, Setnov khawatir Nazar tidak memiliki bukti yang kuat atas penilaiannya pada Fahri Hamzah. Apalagi, sambungnya, Fahri dan Nazar tidak memiliki hubungan yang dekat.

"Saya juga heran tahu-tahu (Nazar) bicara Fahri. Kasian ya orang yang tidak tahu apa-apa dan dia punya prestasi baik, terus mendapatkan informasi atau salah menyampaikan. Saya juga enggak ngerti, yang jelas saya jamin Pak Fahri Hamzah tidak terlibat (korupsi)," kata Setnov.

Sebelumnya diberitakan, saat masih menjadi pimpinan Komisi III DPR, beberapa kali Fahri pernah didatangi oleh adik kandung Nazarudin yang bernama Nasir. Fahri mengaku, kedatangan Nasir dalam rangka meminta proyek. Tak hanya saat menjadi pimpinan Komisi III, Fahri juga mengaku kerap didatangi Nasir saat sudah menjadi pimpinan DPR.

Bahkan, Fahri mengaku pernah ditekan oleh adik dari Nazaruddin agar mau berbisnis bersama-sama. Menurut Fahri, saat itu Nasir masih merupakan seorang pebisnis yang dianggap Fahri kotor dalam menjalankan usahanya.

"Dia pernah datang ketemu saya dalam rangka menekan saya akan membuka seseoranglah, seseorang yang dekat dengan saya, katakanlah begitu. Saya maki dia. Enggak ada urusan, saya enggak ada urusan begitu-begitu," tutur Fahri.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini