nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akhirnya, 800 Warga Suku Anak Dalam Bisa Nyoblos di Pilkada Merangin

Abimayu, Jurnalis · Jum'at 23 Februari 2018 13:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 23 340 1863675 akhirnya-800-warga-suku-anak-dalam-bisa-nyoblos-di-pilkada-merangin-Pqa8ExOZ3N.jpg Ilustrasi

MERANGIN - Pesta Demokrasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tidak hanya dirasakan oleh masyarakat biasa, warga Suku Anak Dalam (SAD) yang berdomisili di Kabupaten Merangin, Jambi dipastikan akan ikut memberikan hak suaranya pada tanggal 27 juni mendatang.

Dari data yang diperoleh dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Merangin, tercatat ada 300 kepala keluarga suku anak dalam di Kabupaten Merangin. Dan jika dikalkulasikan dengan total keseluruhan suara, maka pemilih suku anak dalam bisa mencapai 800 lebih.

Meski jumlah pemilih dari warga suku anak dalam lumayan besar, tapi masih ada sebagian warga SAD yang belum terdata oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), contoh kecilnya saja, ada sekira 25 KK warga SAD yang bermukim di Desa Mentawak hingga saat ini belum didatangi oleh PPK setempat.

Warga SAD yang ada di Desa Mentawak mengatakan jika dirinya sudah lama mempunyai kartu keluarga, namun dalam pilkada Kabupaten Merangin ini tidak ada satupun panitia pemilihan kecamatan yang datang untuk mendata.

(Baca Juga: Kisah Membanggakan Dua Tentara Pertama dari Suku Anak Dalam)

"Di sini saya selaku temenggung, belum pernah didatangi oleh panitia pemilihan baik dari kecamatan maupun desa, kami sudah mempunyai kartu keluarga dan artinya sudah bisa ikut memilih di pilkada nanti," ungkap temenggung Jon, Jumat (23/2/2018).

Terpisah, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Merangin, Jailani saat dikonfirmasi terkait berapa banyak jumlah warga SAD yang terdata, mengatakan jika warga SAD yang sudah mempunyai KK cukup banyak.

"Ada 300 kartu keluarga yang sudah kita keluarkan untuk warga SAD, dan jika dikalkulasikan setiap KK ada 3 orang, maka jumlahnya ada 800 lebih yang bisa memilih di pilkada yang akan datang," jelasnya.

(Baca Juga: Ketika 11 Suku Anak Dalam Mengucap Dua Kalimat Syahadat dan Ikut Sunat Massal)

Jailani juga mengatakan, untuk warga SAD yang belum mempunyai KTP namun mempunyai KK, dirinya akan membuatkan surat keterangan agar bisa ikut serta di pilkada nanti.

"Nanti yang tidak ada KTP, akan kita buatkan suket menjelang KTP-nya keluar, dan mudah-mudahan seluruh warga SAD bisa berpartisipasi menyukseskan pilkada Kabupaten Merangin," tutupnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini