Helikopter dan Alat Berat Berjibaku Padamkan Kebakaran Hutan di Riau

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Jum'at 23 Februari 2018 22:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 23 340 1864009 helikopter-dan-alat-berat-berjibaku-padamkan-kebakaran-di-riau-R7rUs2ZtI6.jpg Ilustrasi Kebakaran Hutan (foto: Antara)

PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan melanda Desa Sepahat, Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis, Riau. Saat ini tim satgas udara dan darat berupaya memadamkan sijago merah.

"Kebakaran berada pada kordinat 1°32’46.74”, 101°51’36.37. Ini pemadaman hari ke empat," ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edward Sanger Jumat (23/2/2018).

(Baca Juga: BNPB Prediksi Kebakaran Hutan dan Lahan Jelang Pilkada 2018 Akan Meningkat)

Untuk pemadaman di Desa Sepakat, petugas menerjunkan sebanyak 42 orang dari TNI,Polri, Damkar dan warga. Mereka dilengkapi dengan peralatan slang dan pompa air.

"Selain itu, kita mengerahkan alat berat berupa eskavator untuk membantu melakukan pemadaman kebakaran," imbuh Edward.

Selain itu, pemadaman juga dilakukan melalui udara dengan mengerahkan helikopter. Heli tersebut melaksakan operasi water bombing. Sementara untuk patroli, dikerahkan juga pesawat tempur dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

"Hari ini sudah dilakukan water bombing di lokasi kebakaran," imbuhnya.'

Provinsi Riau saat ini sudah berstatus siaga darurat kebakaran hutan dan lahan. Dengan adanya kenaikan status maka Pemerintah Pusat akan membantu menanggulangi kebakaran di Riau.

(Baca Juga: BNPB Antisipasi Kebakaran Hutan Jelang Asian Games 2018)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini