nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengalami 4 Hal ini? Fix, Kamu Salah Pilih Kerja!

Agregasi Minggu 25 Februari 2018 09:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 23 65 1863600 mengalami-4-hal-ini-fix-kamu-salah-pilih-kerja-cdW9AFbYdD.jpg Foto: Shutterstock

Kamu merasa bosan atau jenuh dengan rutinitas di kantor? Bisa jadi kamu selama ini bekerja di perusahaan yang kurang tepat nih, Sobat. Bekerja di tempat yang tidak tepat dengan minat kamu memang bisa bikin semangat kerja menurun. Yuk simak ciri-ciri bekerja di perusahaan yang salah untuk memastikan apa kamu memang salah memilih perusahaan atau hanya sedang butuh refreshing,

1. Tidak memiliki gairah untuk bekerja

Hilangnya gairah atau minat dalam melakukan pekerjaan adalah tanda yang paling jelas terlihat. Jika kamu merasakan hal ini, mungkin sudah saatnya untuk kamu mengejar karier di tempat lain. Coba tanyakan pertanyaan berikut pada dirimu:

- Apa kamu sering merasa tidak bersemangat untuk mulai beraktivitas dan mengerjakan tugas sejak pagi hari?

- Apakah pekerjaan kamu sering terasa membosankan?

- Apa selama bekerja kamu selalu merasa terbebani?

- Sering mencari cara untuk membunuh waktu ditempat kerja?

Jika jawabannya iya, mungkin pekerjaan kamu saat ini sudah tidak cocok untuk kamu.

2. Bakat dan kemampuan kamu tidak dimanfaatkan secara maksimal

Kamu seorang desainer interior brilian, tapi kreatifitas stuck di tempat? Seorang ahlli IT yang belum juga mendapatkan kesempatan untuk menggunakan keterampilan programing yang dikumpulkan saat belajar di perguruan tinggi? Atau seorang karyawan yang merasa terjebak dalam pekerjaan kamu saat ini dan tidak melihat harapan untuk mengembangkan karier? Sudah saatnya untuk Anda pindah kerja.

Sebagian besar dari kamu pasti merasa kurang puas saat bakat dan keterampilanmu hanya tersimpan dan tidak bisa kamu manfaatkan. Terutama kamu yang memiliki ambisi untuk berkembang yang tinggi. Jika sampai saat ini kamu belum bisa menjadi aset perusahaan, tidak ada salahnya mencoba mencari tempat lain yang lebih membutuhkan keahlian kamu. Mengapa bekerja untuk sebuah perusahaan yang tidak menghargai keahlian kamu?

3. Merasa tidak cocok dengan budaya kerja perusahaan

Seperti kata pepatah, kamu dapat memilih teman, tetapi tidak bisa memilih keluarga. Keluarga tidak selalu berhubungan darah, tapi lebih pada ikatan persaudaraan satu dengan yang lain, seperti keluarga di tempat kerja. Sama halnya dengan keluarga yang bisa mempengaruhi kehidupan kamu, lingkungan kerja juga akan sangat berpengaruh pada keberhasilan karirmu sebagai profesional. Berada di lingkungan yang tidak memiliki tujuan karier yang sama dan prinsip-prinsip seperti yang kamu pegang selama ini, tentu akan membuat kamu tidak nyaman melakukan pekerjaan.

Lihat kembali pada perilakumu selama ini, apakah kamu menghindari interaksi dengan rekan kerja atau justru menanti-nantikannya? Jika kamu menghindari interaksi dengan rekan kerja, ini tandanya kamu tidak cocok dengan budaya kerja yang ada di perusahaan, mungkin sudah waktunya untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan Anda.

4. Awas! salah memilih karier bisa berujung pada mudah stres dan depresi

Pekerjaan kamu selalu menyebabkan stres dan depresi? Kamu merasa terbebani untuk berangkat kerja? Malas bertemu dengan rekan kerja atau bahkan atasan? Atau merasa tertekan dengan lingkungan kerja yang ada? Jika kamu merasakan semua itu, sudah bisa dipastikan tempat kerjamu adalah sumber stres dan depresi kamu.

Jangan biarkan stres menghalangi kamu untuk sukses. Jika tempat kerja menjadi sumber utama kecemasan dan depersi, sudah saatnya untuk mencari tempat lain untuk bekerja. Tempat kerja yang menyebabkan stres dan depresi tentunya bukanlah pekerjaan yang ideal tidak hanya untuk kamu, tapi setiap karyawan yang merasakannya.

Kamu punya kesempatan yang lebih baik untuk menemukan apa yang diinginkan jika kamu menghindari hal yang membuatmu stres. Jika karir ideal kamu tidak pada posisi saat ini, beranilah untuk mencoba memilih karir baru dan memulai dari awal lagi. Pikirkan dulu baik-baik langkahmu selanjutnya, jangan sampai salah memilih perusahaan lagi ya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini