nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unpad Terima 2.292 Mahasiswa Melalui Jalur SNMPTN

Shara Nurachma, Jurnalis · Minggu 25 Februari 2018 12:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 24 65 1864270 unpad-terima-2-292-mahasiswa-melalui-jalur-snmptn-5Yavq8DP8T.jpg Foto: Dok Unpad

JAKARTA - Universitas Padjajaran (Unpad) akan menerima sebanyak 2.292 mahasiswa dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 yang telah dibuka sejak Rabu 21 Februari lalu hingga 6 Maret 2018 mendatang.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Dr. Arry Bainus, M.A mengatakan, sangat penting bagi calon mahasiswa untuk betul-betul memilih dengan tepat program studi yang akan dipelajari saat kuliah nanti dan harus sesuai minat dan bakat yang dimiliki.

“Sebagian besar kegagalan di universitas, seperti drop out atau mengundurkan diri, itu karena siswa itu mengikuti pendidikan di perguruan tinggi tidak sesuai dengan minat dan bakatnya, tapi karena kemauan dari orang tua. Saya sangat mendorong, biarkan siswa itu yang mengembangkan bakat dan minatnya,” ujar Arry seperti dilansir laman Unpad, Minggu (25/2/2018).

Ia mengatakan, peran orang tua sangat dibutuhkan agar anak lebih mudah mencari tahu apa yang menjadi minat dan bakatnya. Orang tua juga harus membantu anak mengenal macam-macam pilihan program studi di perguruan tinggi yang dituju. Selain itu, orang tua harus benar-benar mengarahkan bukan mengintervensi anak.

"Orang tua juga harus berwawasan tentang tingkat keketatan persaingan program studi yang dipilih pada beberapa tahun terakhir. Mencermati angka keketatan persaingan sangat berguna untuk mengetahui jumlah peminat dan daya tampung, peluang untuk lolos pun akan semakin besar jika angka persaingannya lemah. Dengan ini juga calon peserta SNMPTN bisa menyusun strategi untuk mengurutkan program studi pilihan," paparnya.

Untuk tahun 2018, Unpad akan menerima mahasiswa program sarjana dari SNMPTN sebanyak 38% dan dari SBMPTN sebanyak 62%. Sedangkan, calon mahasiswa sarjana terapan atau diploma IV hanya dibuka jalur tes mandiri.

Ia menjelaskan bahwa jalur tes mandiri sebenarnya tidak terdapat tes pada prosesnya, hanya ada proses registrasi dan pengambilan nilai dari hasil SBMPTN.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini