nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMKG Keluarkan Peringatan Dini soal Cuaca Ektrem di "Bumi Rafflesia"

Demon Fajri, Jurnalis · Senin 26 Februari 2018 11:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 26 340 1864779 bmkg-keluarkan-peringatan-dini-soal-cuaca-ektrem-di-bumi-rafflesia-lqt9Zv8cdZ.jpg Ilustrasi Hujan Disertai Petir (foto: Okezone)

BENGKULU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Bengkulu, pada hari ini hingga Selasa 27 Februari 2018.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno, Harits Syahid Hakim memprediksi, wilayah provinsi dengan julukan "Bumi Rafflesia" seperti Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Rejang Lebong, Kepahiang dan Kabupaten Seluma, berpotensi dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan halilintar atau petir.

(Baca Juga: BMKG: Waspada, Cuaca Ekstrem Landa Indonesia 3 Hari ke Depan!)

Intensitas hujan itu, prediksi Harits, terjadi pada siang hari. Sementara 4 kabupaten/kota lainnya diprediksi dilanda hujan lokal pada siang dan malam. Seperti, Kota Bengkulu, Kabupaten Lebong, Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah dan Kabupaten Kaur.

"Masa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar wilayah Indonesia. Ini menyebabkan proses konveksi dalam skala lokal juga turut mendukung pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia," kata Harits, Senin (26/2/2018).

"Terbentuk daerah belokan angin di wilayah Bengkulu bagian Utara dan Selatan. Kondisi tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Bengkulu dan sekitarnya," sambung Harits.

Cuaca ekstrem, lanut Harits, diperkirakan bakal melanda hingga Selasa 27 Februari 2018, yang diprediksi melanda Kabupaten Mukomuko dan Bengkulu Utara. Untuk kecepatan angin di wilayah Bengkulu, jelas Harits, rata-rata dari 20 km/jam hingga 30 km/jam. Lalu, suhu dari 18 derajat Celcius hingga 31 derajat Celcius.

"Masyarakat di kabupaten dan kota di Bengkulu diminta waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi pada hari ini dan besok," pungkas Harits.

(Baca Juga: BMKG Keluarkan Peringatan Hujan Petir di Sejumlah Wilayah Jabar)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini