Cagub Ichsan Yasin Limpo Canangkan Rp1,5 Triliun untuk Subsidi Pendidikan Gratis

Prayudha, Okezone · Senin 26 Februari 2018 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 26 340 1865019 cagub-ichsan-yasin-limpo-canangkan-rp1-5-triliun-untuk-subsidi-pendidikan-gratis-dLVRg9tQgV.jpg Cagub Pilkada Sulses Ichsan Yasin Limpo. Foto Okezone

TAKALAR – Calon Gubernur Sulawesi Selatan nomor urut 4, Ichsan Yasin Limpo (IYL) akan menaikkan dana subsidi pendidikan gratis sebesar Rp1,5 triliun. Ini disampaikannya saat berkampanye di Baruga Karaeng Bainea, Kabupaten Takalar, Senin (26/2/2018).

Ichsan menjelaskan, dana subsidi untuk siswa SD akan naik dari Rp800 ribu menjadi Rp1,2 juta setiap tahun per siswa. SMP menjadi Rp1,5 juta dari Rp1 juta. Dan SMA Rp2,4 juta dari subsidi Rp1,4 juta.

Nantinya, kata Ichsan, para orangtua siswa tidak akan terbebani biaya LKS, buku, acara perpisahan hingga seragam.

"Ini yang pertama yang akan saya lakukan saat menjadi gubernur. Dengan subsidi pendidikan Rp1,5 triliun maka tidak ada lagi pungutan, sumbangan atau pembayaran apapun di sekolah," papar Ichsan.

"Banyak yang menjanjikan pendidikan gratis tanpa sumbangan dan pungutan. Tapi tidak semua bisa. Kecuali yang sudah berpengalaman, yang sudah ahli," kata Ichsan.

Saat memimpin Kabupaten Gowa, Ichsan sudah menerapkan pendidikan gratis tanpa pungutan.

"Insya Allah jika terpilih, maka pergub pertama yang saya tandatangani adalah menghapus kewajiban mengenakan seragam sekolah. Kenapa? Karena yang mau sekolah bukan seragamnya, tapi otaknya. Ini juga bisa meringankan beban orang tua siswa," pungkasnya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini