Image

Ajarkan Toleransi Sejak Dini, Siswa Siswi Kunjungi 5 Tempat Ibadah

Shara Nurachma, Jurnalis · Senin 26 Februari 2018 17:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 26 65 1864995 ajarkan-toleransi-sejak-dini-siswa-siswi-kunjungi-5-tempat-ibadah-pNzbtTwK21.jpg Foto: Dok SD Bhineka Tunggal Ika

JAKARTA - SD Bhineka Tunggal Ika mengajak anak-anak muridnya berkeliling mengunjungi tempat-tempat ibadah lima agama yang diakui di Indonesia pada Senin (26/2/2018). Kegiatan tersebut mengambil tema "Unity in Diversity" yang berarti bersatu dalam keberagaman dan merupakan salah satu program kerja dari SD Bhineka Tunggal Ika.

Sesuai dengan namanya, SD Bhineka Tunggal Ika mempunyai misi untuk megajarkan toleransi serta saling menerima dan menghargai perbedaan kepada anak didiknya, terlebih Indonesia mempunyai beragam budaya, suku, agama dan ras.

Kegiatan kunjugan tempat ibadah ini hanya diikuti oleh siswa kelas IV dan V dengan didampingi Yullyanti Darmadi sebagai kepala sekolah. Tempat ibadah pertama yang dikunjungi adalah Vihara Jaskarta Dhammacaka Jaya. Pengurus vihara dan pemimpin agama Budha menyambut antusias kedatangan anak-anak ini.

“Kita semua adalah sama perbedaan itu indah, walaupun berbeda tapi kita tetap satu. Perbedaan itu seperti jari tangan tapi tetap satu sebagai anggota tubuh yang tidak dapat dipisahkan,” kata salah satu pemimpin agama Budha yang hadir saat itu.

Setelah Vihara, GPIB (Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat) Pniel menjadi tempat kedua yang didatangi. Siswa-siswi SD Bhineka Tunggal Ika kembali disambut dengan terbuka oleh pengurus gereja,

“Perbedaan adalah kebersamaan dengan keberagaman kita semua menjadi indah jika ada toleransi,” kata pengurus gereja yang juga berpendapat sama tentang perbedaan.

Selanjutnya, siswa-siswi SD Bhineka Tunggal Ika bertamu ke tempat ibadah umat Hindu, Pura Hare Krishna. Mereka disambut dengan nyanyian-nyanyian yang membuat anak-anak lebih ceria dan semangat. Pemimpin Pura mengatakan bahwa anak-anak adalah generasi bangsa yang menjadi tulang punggung negara masa depan, semangat toleransi yang ditanam sejak dini menjadi bekal yang luar biasa untuk menghadapi zaman yang serba modern.

Selain itu, anak-anak tentunya juga mengunjungi dua tempat ibadah terakhir, yakni Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal yang menyambut mereka dengan hangat juga bahagia.

Sementara itu Kepala Sekolah SD Bhineka Tunggal Ika Yullyanti Darmadi mengatakan kunjungan siswa ke berbagai tempat ibadah untuk menanamkan toleransi terhadap anak sejak usia dini.

"Kunjungan ini merupakan pembelajaran untuk anak didik kami demi menanamkan toleransi sejak dini kepada anak-anak. perbedaan itu menjadi satu dalam kebhinekaan," tuturnya dalam siaran pers yang diterima Okezone.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini