Balai Konservasi Relokasi Dua Beruang yang Tak Terawat dari Rumah Warga

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Rabu 28 Februari 2018 00:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 27 340 1865642 balai-konservasi-relokasi-dua-beruang-yang-tak-terawat-dari-rumah-warga-YcSPVIQ4t4.jpg Beruang yang diselamatkan Balai Konservasi. Foto Okezone

RIAU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) mengevakuasi dua satwa langka beruang madu di wilayah Bunut, Kabupaten Pelalawan Riau. Saat dievakuasi dua satwa bernama latin (Helarctos malayanus) terlihat tidak terurus.

Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati mengatakan bahwa selama ini sarwa dilindungi ini dipelihara oleh warga bernama Adi (29) warga Desa Sungai Buluh, Bunut.

"Beruang tersebut berjenis kelamin jantan dan betina. Usia beruang madu itu 4 tahun," ucap Dian Indriati Selasa (27/2/2018).

Dari keterangan Adi, bahwa beruang itu didapatnya beberapa tahun lalu. Dia mengaku beruang itu didapatnya saat bersihkan lahan dekat rumahnya. Setelah itu diapun merawatnya. Belakangan Adi baru mengetahui kalau beruang merupakan satwa yang dilindungi.

"Kita apresiasi atas diserahkannya beruang itu oleh warga. Beruang merupakan satwa dilundungi sesuai UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dan PP Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa," ucapnya.

Dua beruang sejoli ini sudah sampai di Kantor BBKSDA Riau di Jalan HM Subrantas Pekanbaru. Beruang itu dijemput dari Bunut menggunakan jalur darat.

Berdasarkan pantauan terdapat sejumlah luka di tubuh dan kepala beruang itu. Beruang itu juga terlihat ketakutan dan enggan “bersahabat” dengan manusia. Satwa penyuka madu ini juga terlihat kurus.

"Tim dokter akan melakukan pemantauan kesehatan dua beruang itu. Nantinya akan diambil sampel darah dan kotoran untuk memastikan kondisi kesehatan beruang itu," tambah Kabid Wilayah I BBKSDA Mulyo Utomo.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini