nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi: Peradilan Pilar Utama Menuju Negara Maju

Agregasi Antara, Jurnalis · Kamis 01 Maret 2018 14:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 01 337 1866460 presiden-jokowi-peradilan-pilar-utama-menuju-negara-maju-ejUmLUT8mc.jpg Presiden RI, Joko Widodo (Foto: Antara)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa penyelenggaraan peradilan adalah pilar penting kekuatan bangsa untuk membawa lompatan kemajuan menuju Indonesia maju.

"Peradilan adalah pilar utama agar negara kita bergerak cepat menuju negara maju yang berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Presiden saat menghadiri sidang pleno istimewa laporan tahunan Mahkamah Agung tahun 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (1/3/2018).

Untuk itu, Jokowi menyampaikan apresiasi terhadap Mahkamah Agung (MA) atas capaian dan kinerjanya yang terus meningkat. "Pelayanan kepada masyarakat yang terus meningkat tajam dan keadilan yang dirasakan masyarakat yang terus membaik," puji Kepala Negara.

Menurut Jokowi, capaian MA tersebut berkontribusi besar untuk percepatan pembangunan nasional. Ia juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi terhadap setiap upaya MA untuk menciptakan badan peradilan yang transparan yang profesional dan yang terpercaya.

(Baca juga: MA Klaim Setor Rp18 Triliun ke Kas Negara Sepanjang 2017)

Dirinya berharap para pimpinan MA dan para hakim untuk membimbing dan memandu calon calon hakim di lingkungan Mahkamah Agung dan hakim-hakim muda agar jadi Hakim yang profesional, jujur, berintegritas dan bermartabat.

"Hakim yang tegak dan adil dengan mempertimbangkan hukum, Hakim yang lembut dengan pertimbangan nurani dan rasa keadilan. Hakim yang mendapat kepercayaan dari rakyat dan kepercayaan dari para pencari keadilan, kepercayaan dari dunia internasional," katanya.

Proses seleksi calon hakim yang sangat transparan dan akuntabel lanjut dia, akan memperkuat MA untuk meningkatkan kredibilitas dan transparansi badan peradilan dan meningkatkan kualitas kepemimpinan badan peradilan.

(Baca juga: Hadiri Sidang Laporan Tahunan, Jokowi Puji Kerja Cepat MA)

"Dengan begitu kepastian hukum di Indonesia semakin tegak, kepercayaan publik semakin meningkat dan kepercayaan investasi pada negara kita Indonesia menjadi semakin kuat," katanya.

Jokowi melanjutkan, pemerintah akan terus mendukung langkah-langkah MA dalam mewujudkan peradilan yang bersih yang adil dan yang bermartabat.

"Yang mendisiplinkan seluruh pihak yang terlibat dalam proses peradilan, yang memberikan hukuman berat dan efek Jera kepada pelaku korupsi, bandar narkoba serta siapapun yang merusak persatuan dan kesatuan Indonesia dan mengganggu keadilan di negara kita," tutupnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini