nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apresiasi MA, Jokowi: Keadilan Dirasakan Masyarakat Kian Membaik

Badriyanto, Jurnalis · Kamis 01 Maret 2018 15:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 01 337 1866501 apresiasi-ma-jokowi-keadilan-dirasakan-masyarakat-kian-membaik-pG1FZHeziS.jpeg Presiden Jokowi (Foto: Ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri rapat pleno laporan tahunan 2017 yang dihelat Mahkamah Agung (MA) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Kepala negara itu memuji prestasi-prestasi yang selama ini ditorehkan oleh MA khusus dalam kurun waktu sepanjang 2017.

Sebanyak 92,23 persen perkara telah diputus oleh MA sebagaimana dilaporkan Ketua MA Hatta Ali sebelumnya. Menurut Jokowi, itu perlu diapresiasi karena berarti selama ini negara melalui MA telah memberikan kepastian hukum kepada masyarakat.

"Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pelayanan pada masyarakat yang terus meningkat tajam dan keadilan yang dirasakan masyarakat yang terus membaik, sebagaimana tadi yang telah disampaikan oleh yang mulia Bapak Ketua MA," kata Jokowi dalam sambutannya, Kamis (1/3/2018).

(Baca Juga: Presiden Jokowi: Peradilan Pilar Utama Menuju Negara Maju)

Jokowi menambahkan, kecepatan memutus perkara yang meningkat tajam akan menimbulkan tingkat kepuasan pihak yang berperkara sangat tinggi, dengan demikian akuntabilitas MA mengalami peningkatan, terlebih sudah status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

"Ini prestasi yang berkontribusi besar untuk percepatan pembangunan nasional," tutur Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo itu berharap, MA dapat melakukan pembaharuan teknis dan manajemen perkara serta pengelolaan anggaran dan seleksi calon hakim yang transparan di lingkungan MA. Sebab, jika sistem peradilan di Indonesia semakin membaik, maka dengan sendirinya akan mengalami kemajuan yang signifikan. Khususnya dalam ranah hukum.

"Penyelenggaraan peradilan adalah pilar penting kekuatan bangsa, kekuatan kita untuk membawa lompatan kemajuan menuju Indonesia maju," pungkasnya.

 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini