nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Napi Lapas Tanjungpinang Kabur Gunakan Kain

Aini Lestari, Jurnalis · Kamis 01 Maret 2018 15:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 01 340 1866492 2-napi-lapas-tanjungpinang-kabur-gunakan-kain-sdWfB5mI0a.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

BATAM - Tiga orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Umum Tanjungpinang berhasil melarikan diri, Kamis (1/3/2018) ini sekira pukul 03.41 WIB. Dari ketiga napi yang melarikan diri, satu di antaranya berhasil diamankan.

Mereka adalah Muhammad Efendi, Juhairi dan Kusni Pranata alias Bujang. Ketiganya merupakan napi dalam kasus yang sama yakni melanggar Undang-Undang Perlindungan Anak.

"Setelah diketahui bahwa ada warga binaan yang kabur, maka pihak Lapas yang berada di Gunung Kijang langsung melapor ke Polsek Gunung Kijang dan selanjutnya dilakukan pengejaran," kata Kepala Bidang Humas Polda Kepri, Kombes S. Erlangga.

Hingga saat ini, tim gabungan dari Polsek Gunung Kijang, Polres Bintan dan Ditpolair Polda Kepri masih terus melakukan pengejaran terhadap Muhammad Efendi dan Juhairi.

"Kami terus lakukan pengejaran dan kami kerahkan juga Polair karena siapa tahu mereka mencoba melarikan diri ke luar Pulau Bintan," kata Erlangga lagi.

Ketiga napi yang melarikan diri memiliki masa hukuman pidana penjara yang berbeda-beda. Muhammad Efendi dikenakan hukuman 9 tahun penjara dan denda sebesar Rp100 juta. Ia baru akan bebas pada 13 Februari 2025.

(Baca Juga: Keluar Masuk Lapas, Napi Tahanan Narkoba di Aceh Ngaku Kantongi Izin Sipir)

Sementara Juhairi dikenakan hukuman penjara selama 6 tahun dan denda sebesar Rp500 juta. Estimasi pembebasannya yakni pada 28 Februari 2025. Sedangkan Kusni Pranata mulai ditahan sejak 12 Januari 2012.

Para napi tersebut melarikan diri dengan menggunakan kain yang diikat-ikat menjadi tali. Kaburnya napi ini bermula ketika petugas Lapas yang tengah berjaga di Pos Komandan mendapat informasi bahwa ada suara orang memanjat di atas trafsel blok sekira pukul 03.30 WIB. Selanjutnya, dilakukan pengecekan ke trafsel blok yang dimaksud dan didapati ketiga napi sudah tidak ada.

(Baca Juga: 4 Napi Lapas Binjai Kembali Diringkus, 3 Lainnya Masih Kabur)

Setelah dilakukan pengejaran ke pos 4 yang berada di belakang trafsel blok dan mendapati sejumlah kain yang telah diikat membentuk tali. Dan dari total 3 napi yang kabur, satu di antaranya yakni Kusni Pranata telah berhasil diamankan.

Sedikitnya, 60 personel gabungan dari Polsek Gunung Kijang, Polres Bintan dan Ditpolair Polda Kepri diturunkan untuk memburu keduanya.

"Kalau ada yang mencurigakan, kami minta masyarakat segera melapor ke polisi. Kami juga sudah menyebar foto kedua napi yang belum tertangkap," ujar Erlangga.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini