Begini Skenario Pengamanan Cap Go Meh di Bogor

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Kamis 01 Maret 2018 17:59 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 01 525 1866626 begini-skenario-pengamanan-cap-go-meh-di-bogor-GOuZZNCgku.jpg Ilustrasi Cap Go Meh di Bogor (foto: Ist)

BOGOR - Sebanyak 1.000 personel gabungan disiapkan selama Pesta Rakyat Cap Go Meh (CGM) 2018 di Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, pada Jumat 2 Maret 2018.

Kabag Ops Polresta Bogor Kota Kompol Fajar HK mengatakan jumlah personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan dan instansi lainnya itu disiagakan di seputaran lokasi kegiatan.

(Sumber: Ist)

(Baca Juga: Begini Rekayasa Lalu Lintas saat Perayaan Cap Go Meh 2017 di Bogor)

"Dari Kepolisian sekitar 515 personel yang diterjunkan. Sisanya dari anggota TNI, Dishub dan lainnya. Mereka akan bersiaga sekitar lokasi acara Cap Go Meh besok," katanya, Kamis (1/3/2018).

Fajar menambahkan, pihaknya juga akan melakukan rekayasa lalu lintas di seputaran Istana Bogor jika terjadi kemacetan dengan menerapkan contraflow dari Tugu Kujang sampai Pintu 3 Kebun Raya Bogor.

"Kendaraan dari Baranang Siang diluruskan dengan contraflow jadi tidak memutar di SSA. Arah sebaliknya juga langsung lurus ke arah Baranang Siang karena Jalan Otista ditutup. Itu situasional," tambahnya.

(Sumber: Ist)

Sementara itu, Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor Theofilio Francino Freitas menuturkan, pada saat gelaran CGM nanti, akan dilakukan rekayasa lalu lintas. Terutama untuk arus kendaraan dikawasan Jalan Suryakencana.

"Sesuai hasil Rakorpam Festival CGM 2018, Jalan Suryakencana akan ditutup 30 menit sebelum Street Festival dimulai, hingga pukul 24.00 WIB," papar Theo.

Dishub juga akan menyediakan cone (pembatas jalan) di depan Pintu 3 Kebun Raya Bogor. Sedianya, cone itu akan digunakan untuk rekayasa lalu lintas contraflow jika nantinya terjadi kemacetan panjang.

"Itu disiapkan sebagai pemisah jalur dan memasang barrier beton di Lippo KRB yang saat ini lajur 3:1, saat rekayasa menjadi 2:2. Jadi kawasan itu menjadi dua arah jika memang dibutuhkan," tegasnya.

(Sumber: Ist)

(Baca Juga: 1.000 Polisi Kawal Perayaan Festival Cap Go Meh 2017 di Bogor)

Seperti diketahui, Pesta Rakyat Cap Go Meh (CGM) 2018 akan kembali digelar di Kota Bogor, Jawa Barat. Dalam pesta yang menyajikan keberagaman budaya se-Nusantara ini rencanya digelar pada 2 Maret 2018.

Tahun ini, Festival CGM 2018 akan mengambil tema 'Ajang Budaya Pemersatu Bangsa' dengan menampilkan berbagai bentuk kesenian dan budaya yang unik dan atraktif dari seluruh Indonesia.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini