nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendagri: Pilkada Serentak 2018 Punya Tingkat Kerawanan Tinggi

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 06 Maret 2018 18:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 06 337 1868737 mendagri-pilkada-serentak-2018-punya-tingkat-kerawanan-tinggi-K6YNfOlrB2.jpg Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (Foto: Taufik Fajar/Okezone)

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, menyatakan Pilkada Serentak 2018 memiliki tingkat kerawanan yang tinggi. Ia mengatakan politik identitas, ujaran kebencian, dan politisasi SARA harus ditangkal dalam Pilkada 2018.

"Semua persoalan itu harus perlu diredam untuk mencegah terjadinya polarisasi masyarakat, dengan menerapkan konsep peace building," ujar Tjahjo dalam sambutannya di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Selasa (7/3/2018).

Selain itu, Tjahjo berharap politikus yang bertarung di pilkada tidak menggunakan isu SARA dan politik uang ketika berkampanye hingga masa pemungutan suara.

"Maka itu, diperlukan persamaan dan pemahaman persepsi diantara pemangku kepentingan Pemilu. Sukses Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 harus didukung seluruh pemangku kepentingan demi sinergitas yang kuat dan berkesinambungan," tuturnya.

Ia menjelaskan, pilkada yang berkualitas itu harus mampu merefleksikan kedua inti dari demokrasi, yaitu kompetisi dan partisipasi. Contohnya adalah independensi penyelenggara pemilur, independensi birokrasi, partisipasi pemilih yang tinggi, dan bakal calon yang berkualitas.

"Dan terpilihnya kepala daerah dengan legitimasi kuat dan berkualitas," katanya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini