Ada Lumut Hidup di Dalam Ban Goodyear, Kok Bisa?

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Kamis 08 Maret 2018 14:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 08 15 1869473 ada-lumut-hidup-di-dalam-ban-goodyear-kok-bisa-rd3Bjsre4B.jpg Foto: Newatlas

SELAMA beberapa tahun terakhir, produsen ban Goodyear tampil di Geneva Motor Show dengan desain baru yang bisa digambarkan sebagai konsep yang menarik, terbaik dan gila.

Tahun ini ide Goodeyear unik, mereka memikirkan ban untuk transportasi masa depan. Hasilnya adalah mereka menciptakan ban yang di dalamnya ada lumut hidup.

Goodyear menyatakan lumut itu berfungsi membersihkan udara sekitarnya saat mobil berguling di jalan.

Konsep Goodyear sebelumnya adalah ban yang mengubah panas dan gerak menjadi arus listrik. Bahkan mereka menciptakan ban bola yang memungkinkan mobil melaju ke samping, dan versi bola lainnya yang menggabungkan kecerdasan buatan.

 

Namun Goodyear Oxygene yang baru diumumkan ini tidak akan berputar menyamping, namun akan memanen energi melalui fotosintesis. Lumut hidup itu akan menghirup C02 dari udara dan kelembaban dari jalan, yang memberi makan lumut yang hidup di dinding sampingnya, kemudian ia akan melepaskan oksigen ke udara.

Menurut Goodyear, di suatu kota seukuran Paris dengan 2,5 juta kendaraan di jalan, adopsi ban Oxygene di seluruh masyarakat akan menciptakan 3.000 ton oksigen dan menyerap lebih dari 4.000 ton C02 per tahun.

Terlebih lagi, ban itu juga akan menangkap energi yang dihasilkan selama fotosintesis dan menggunakannya untuk menyalakan elektronika di dalamnya, seperti sensor onboard, lampu keamanan yang dapat disesuaikan, dan unit pemrosesan kecerdasan buatan.

Tapak ban ramah lingkungan itu sendiri dicetak 3D dengan menggunakan serbuk karet dari ban daur ulang. [Baca Juga: Ban Mobil Masa Depan seperti Bola Golf]


(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini