nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

China Desak AS dan Korut Segera Berunding soal Denuklirisasi

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 08 Maret 2018 16:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 08 18 1869665 china-desak-as-dan-korut-segera-berunding-soal-denuklirisasi-WZBFZvTO4c.JPG Menteri Luar Negeri China, Wang Yi (Foto: Jason Lee/Reuters)

BEIJING – Menteri Luar Negeri (Menlu) China, Wang Yi, mendorong Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara (Korut) agar segera mengadakan perundingan secepat mungkin. Ia juga menginginkan agar perdamaian segera tercipta di Semenanjung Korea.

Pria berusia 64 tahun itu secara berhati-hati menyambut pengumuman Korea Selatan (Korsel) bahwa Pyongyang ingin menggelar perundingan denuklirisasi dengan AS selama keamanannya terjamin. Wang memuji langkah penting yang diambil Korea Selatan dan Korea Utara.

“Isu Semenanjung Korea akhirnya mengambil langkah penting ke arah yang benar. Langkah awal ini harus ditindaklanjuti oleh upaya yang sesuai dan terpadu oleh semua pihak, yakni AS dan Korea Utara untuk berdialog secepatnya,” ujar Wang Yi usai menghadiri sidang tahunan parlemen China, dinukil dari Straits Times, Kamis (8/3/2018).

BACA JUGA: Korsel-Korut Gelar KTT Antar-Korea Ketiga Akhir April Mendatang 

Namun, kader Partai Komunis China itu mengingatkan bahwa terobosan mengenai isu nuklir Korea Utara di masa lalu beberapa kali menemui kegagalan. Lewat perumpamaan, ia menyatakan bahwa upaya denuklirisasi tidak akan berhasil hanya dalam waktu satu hari.

“Tentu saja butuh lebih dari satu hari yang dingin untuk membentuk es setebal tiga kaki. Meski terlihat cahaya di ujung terowongan, perjalanan ke depan tidak akan mulus. Sejarah mengingatkan kita bahwa berkali-kali tensi mereda di Semenanjung (Korea), situasinya akan selalu tertutup berbagai gangguan,” katanya.

“Ini adalah momen yang krusial untuk menguji ketulusan setiap pihak untuk menyelesaikan isu nuklir,” tutup Wang Yi.

BACA JUGA: Presiden Korsel Tolak Ringankan Sanksi Korut demi KTT Antar-Korea 

Sebagaimana diberitakan, Korea Selatan dan Korea Utara sepakat menggelar KTT Antar-Korea ketiga pada akhir April mendatang. Presiden Moon Jae-in dan Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un dijadwalkan hadir dalam pertemuan yang akan digelar di Desa Panmunjom tersebut.

Sebagai salah satu mitra utama Korea Utara, China akan diberi tahu oleh Kepala Intelijen Korea Selatan, Suh Hoon, yang akan terbang menuju Beijing. Sementara itu, ketua delegasi sekaligus Direktur Badan Intelijen Korea Selatan, Chung Eui-yong, bertolak ke AS dan Jepang guna membagi informasi yang sama.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini