BNN Temukan Narkotika Jenis Baru Berbentuk Tembakau

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 08 Maret 2018 16:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 08 337 1869758 bnn-temukan-narkotika-jenis-baru-berbentuk-tembakau-YDHBd9Gwb1.jpg Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari (Foto: Taufik Fajar)

JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) telah menemukan jenis baru narkotika di Indonesia. Narkotika jenis baru itu, semuanya berbentuk padat, yang artinya bukan jenis cair atau liquid

"Kebanyakan sekarang jenis narkotika yang baru ini adalah jenis tembakau. Seperti yang kita temukan beberapa waktu yang lalu. Tetapi ada juga beberapa yang berbentuk serbuk atau tepung," ujar Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari, kepada wartawan di Kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (8/3/2018).

Selain itu, lanjut dia, pada 2017 telah menemukan 68 jenis narkotika baru di Indonesia. Dan kini BNN telah menemukan 3 jenis baru lagi narkotika. "Jadi totalnya sudah 71 yang masuk dan beredar di Indonesia," tuturnya.

Ia mengungkapkan, bahwa temuan barang baru narkotika itu berasal dari tengah-tengah masyarakat. Namun, sejauh ini BNN masih bisa mengkontrolnya. Artinya narkotika jenis baru itu, tidak begitu membanjiri pasar masyarakat Indonesia.

"Sebagian besar narkotika jenis baru itu, berasal dari luar negeri, ada yang berasal dari Eropa, Asia timur, dan ada dari Asean sendiri," ungkapnya.

Arman menambahkan, tentang modus pengiriman barang haram narkotika yang dimasukkan ke dalam sepatu itu. Merupakan modus yang sudah sering dilakukan oleh bandar-bandar melalui bandara di Indonesia.

"Modus operandi dimasukan ke dalam sepatu itu, sudah beberapa kali kita lakukan penangkapan. Terutama dalam jumlah-jumlah yang tidak terlalu besar menyebar ke seluruh Indonesia. Ada yang masuk ke Bengkulu, ada yang masuk ke Jakarta, dan ada juga yang masuk ke Bali, melalui bandara," pungkasnya.

 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini