nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akses Wisata Gunung Bromo Tutup Total saat Hari Raya Nyepi

Avirista Midaada, Jurnalis · Jum'at 09 Maret 2018 16:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 09 519 1870324 akses-wisata-gunung-bromo-tutup-total-saat-hari-raya-nyepi-psvxULBrog.jpg Gunung Bromo (Foto: Ist)

MALANG - Menjelang Hari Raya Nyepi 1940 Saka atau bertepatan pada 17-18 Maret 2018, pengelola Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akan menutup seluruh akses wisata ke Gunung Bromo dan Gunung Semeru.

Hal ini disampaikan Kepala TNBTS, John Kenedie yang menyatakan penutupan akan dimulai pada Sabtu dini hari pukul 00.00 WIB.

Seluruh akses wisata menuju TNBTS dari Kabupaten Probolinggo yakni Desa Ngadas, Kecamatan Sukapura, akses dari Kabupaten Pasuruan akan ditutup di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari. Dari Kabupaten Malang dan Lumajang akses ditutup di Blok Jemplang.

"Penutupan cuma satu hari. Tanggal 17 dini hari hingga Minggu 18 Maret dini hari saja. Petugas tetap ada untuk berjaga," tutur John kepada Okezone, Jumat (9/3/2018).

(Baca Juga: Gubernur Bali Setuju Jaringan Internet Dimatikan Selama Perayaan Nyepi)

Ia menambahkan, penutupan akses wisata ini berdasarkan surat dari Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo Nomor 238/REKOM/PHDI-KAB/XI/2017 dan Sabha Pandita Paruman Dukun Pandita Kawasan Tengger Nomor 09/REKOM/PDP-TENGGER/XI/2017.

Penutupannya berbeda bila dibandingkan tahun sebelumnya, di mana akses wisata masuk hanya di pintu masuk Wonokitri, Kabupaten Pasuruan. Namun, pada tahun ini akses menuju kawasan Gunung Bromo akan ditutup semua pada Perayaan Nyepi 2018.

"Selama ini baru pintu masuk Wonokitri yang setiap tahun ditutup. Mulai tahun ini dan selanjutnya tiga pintu masuk di Malang, Pasuruan, dan Probolinggo juga tutup selama satu hari satu malam saja," jelasnya.

Penutupan semua akses ini bertujuan untuk memberikan ketenangan melaksanakan ibadah perayaan Nyepi terhadap mayoritas umat Hindu Suku Tengger yang tinggal di lereng Gunung Bromo.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini