nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahasiswa ITS Ciptakan Robot untuk Cegah Kecelakaan pada Manula

Shara Nurachma, Jurnalis · Sabtu 10 Maret 2018 12:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 09 65 1870158 mahasiswa-its-ciptakan-robot-untuk-cegah-kecelakaan-pada-manula-h9EYeWKrWd.jpg Foto: Dok ITS

JAKARTA - Mahasiswa Departemen Teknik Komputer Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Anak Agung Ngurah Surya Laksamana menciptakan alat pemantau aktivitas manula dengan memanfaatkan teknologi internet of things.

Ia membuat sebuah robot pemantau dengan sabuk yang dilengkapi sensor accelerometer dan turtlebot serta penggunaan aplikasi Official Account Line. Robot ini dipakaikan ke tubuh dengan sabuk yang bersifat wearable device sehingga tidak akan mengganggu aktivitas.

Alat ini memanfaatkan internet dan aplikasi chat Line sebagai media komunikasinya, terdapat official account khusus untuk pemantauan aktivitas manula dan bisa dengan mudah digunakan oleh keluarga yang bersangkutan.

Discovery cover atau scanner pada robot akan mendeteksi pancaran bluetooth dari sabuk untuk mendapat gambaran ruangan dalam rumah. Data yang akan dikirimkan adalah keadaan jatuh dan keadaan denyut jantung.

“Dengan menggunakan teknologi cubeacon yang terhubung dengan sabuk dan database. Jika manula terjatuh robot yang berada di dock (alat pengisian baterai) akan langsung menuju lokasi dan melaporkan keadaan terbaru kepada manula lewat Official Account Line yang sudah terhubung sebelumnya. Alat kami dapat mendeteksi jatuh dalam segala posisi,” jelas Agung seperti dilansir dari laman ITS, Sabtu (10/3/2018).

Alat ciptaan Agung ini memantau selama 24 jam secara terus menerus. Sabuk menggunakan baterai, sedangkan robot menggunakan sistem charging untuk pengisian daya.

“Jika manula tidak terjatuh, maka robot akan tetap berada di dalam dock untuk melakukan proses pengisian,” paparnya.

Agung termotivasi menciptakan robot pemantau manula ini karena banyaknya manula yang sering mengalami kasus traumatik, seperti jatuh yang hingga mengakibatkan kematian. Ke depannya, Agung ingin lebih meningkatkan kualitas alat ciptaannya ini dengan menambahkan data maps pada robotnya dan dapat berinteraksi secara langsung.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini