Larangan Bercadar Bentuk Strategi Edukasi kepada Mahasiswi

Shara Nurachma, Jurnalis · Jum'at 09 Maret 2018 12:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 09 65 1870164 larangan-bercadar-bentuk-strategi-edukasi-kepada-mahasiswi-OXmwQZZP2z.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Vennetia Danes menilai larangan penggunaan cadar bagi mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dinilai hanya merupakan strategi edukasi yang pasti dimiliki setiap universitas.

Hingga saat ini memang belum ada regulasi yang membatasi universitas dalam mengeluarkan kebijakan-kebijakan untuk anak didiknya. Setiap keputusan peraturan kampus adalah menjadi wewenang senat dan pimpinan universitas.

“Itu barangkali adalah bagian dari kebijakan dari universitas yang harus kita hormati karena universitas punya strategi untuk mengedukasi mahasiswanya,“ ujar Vennetia seperti dilansir dari laman Antara, Jumat (9/3/2018).

Ia juga mengatakan akan mempelajari lebih lanjut kebijakan UIN Sunan Kalijaga saat ditanya mengenai apakah peraturan tersebut melanggar hak perempuan untuk berekspresi.

Sementara, menurut Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada (UGM), Wening Udasmoro berpendapat bahwa cara perempuan berpakaian adalah pilihan pribadi berdasarkan lingkungan sosial juga kesadaran individu.

“Bagaimana perempuan bisa maju kalau apa-apa dilarang. Bahkan menunjukkan identitasnya saja tidak boleh. Perempuan harus berani melawan ketika ada paksaan dan belajar bernegosiasi terhadap pihak-pihak yang menekan,” kata Wening.

UIN Sunan Kalijaga diketahui memang mengeluarkan larangan bercadar bagi mahasiswinya untuk mencegah meluasnya aliran Islam anti-Pancasila. UIN Sunan Kalijaga juga mengimbau mahasiswa bercadar segera mendaftarkan diri untuk pembinaan. Rektor UIN Sunan Kalijaga juga mengungkapkan akan membuat kebijakan baru terkait cadar namun masih enggan menjelaskan lebih lanjut mengenai kebijakan baru tersebut.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini