Didukung 166 Komunitas, Solo Resmi Jadi Kota Otomotif

Bramantyo, Jurnalis · Sabtu 10 Maret 2018 18:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 10 15 1870831 didukung-166-komunitas-solo-resmi-jadi-kota-otomotif-XAYJjjoXdb.jpg Solo mendeklarasikan diri sebagai Kota Otomotif. Foto: Bramantyo/Okezone

SOLO - Solo resmi mendeklarasikan diri sebagai Kota Otomotif. Julukan itu langsung disematkan oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan didukung 166 komunitas otomotif se-Solo Raya.

Acara itu sendiri awalnya diprakarsai Komunitas Indonesia Satu dengan alasan Kota Bengawan itu memiliki sejarah panjang terkait dunia otomotif di Indonesia.

Menurut Komunitas Indonesia Satu,  pemilik pertama mobil Mercy di Indonesia adalah warga Solo, yakni Paku Buwono X. Saat itu tokoh tersebut memesan mobil Mercy dari Belanda.

 

Presiden komunitas Indonesia Satu Heru S Notonegoro, mengatakan, acara dukungan Solo sebagai Kota Otomotif juga dimeriahkan sejumlah atraksi otomotif dari total 18 klub otomotif.

Salah satu tujuan event tersebut adalah mewujudkan persatuan dan kesatuan masyarakat otomotif Indonesia demi meningkatkan kualitas dan pengabdian bagi bangsa dan negara.

"Komunitas Indonesia Satu merupakan salah satu pemersatu keberagaman klub otomotif. Kita juga membuat pernyataan sikap bahwa Solo aman dan nyaman dikunjungi," jelas Heru Notonegoro," Sabtu (10/3/2018).

Sementara itu Ketua panitia pelaksana, Herman Jambo Jay yakin event ini mampu menungkatkan jumlah wisatawan. Khususnya para penghoby otomotif. Untuk itu di wilayah Solo akan didirikan community park. Yang berfungsi sebagai wadah pecinta otomotif berkumpul, dan berbagi informasi. "Nantinya akan dibangun di  taman wisata di Kota Bengawan," lanjut Herman.

Selain itu lanjut Herman, pihaknya juga akan merangkul dan mengakomodir klub-klub motor dan mobil yang tersebar di Kota Solo. Agar mereka bisa diarahkan untuk sesuatu yang bermanfaat.

"Stigma klub motor yang meresahkan masyarakat harus dihilangkan. Kami mengajak mereka untuk berkumpul dan menjadi wadah untuk saling bertukar pikiran menciptakan kota yang nyaman untuk penggiat otomotif," tutupnya.

[Baca Juga: Solo Diusulkan Jadi Kota Otomotif]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini