nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gerbong Khusus Perempuan Kini Tersedia di KA Komuter China

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 10 Maret 2018 22:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 10 18 1870756 gerbong-khusus-perempuan-kini-tersedia-di-ka-komuter-china-lpER9yK4vV.jpg Gerbong khusus perempuan itu ditandai dengan stiker atau penanda berwarna pink (Foto: China Plus)

SHENZHEN – Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada Kamis 8 Maret menandai era baru di Shenzhen, Provinsi Guangdong, China. Otoritas perkeretaapian di kota itu mengenalkan gerbong khusus perempuan di seluruh rangkaian kereta yang melayani jalur metro atau komuter.

Peluncuran gerbong khusus perempuan itu dibarengi dengan pembukaan empat jalur baru pada Kamis 8 Maret. Menurut Shenzhen Metro Group (operator), gerbong pertama dan terakhir dari setiap rangkaian kereta yang melayani jalur nomor 2, 7, 9, dan 11, dikhususkan untuk perempuan.

Melansir dari Xinhua, Sabtu (10/3/2018), kebijakan serupa juga sudah dilakukan pada rangkaian kereta yang melayani jalur 1, 3, 4, dan 5, sejak 26 Juni 2017. Operator juga memasang tanda khusus bagi area tempat penumpang khusus perempuan tersebut.

Papan berwarna pink dengan tulisan ‘Gerbong Prioritas untuk Wanita’ sudah terpasang di gerbang-gerbang pelindung dan di dalam kereta. Staf di stasiun juga akan mengumumkan ketersediaan gerbong prioritas untuk wanita itu dalam bahasa Mandarin, Kanton, dan juga Inggris.

Kebijakan itu diberlakukan demi keamanan dan kenyamanan para penumpang perempuan, terutama ketika kereta sedang padat di jam-jam sibuk. Akan tetapi, gerbong prioritas untuk wanita itu tidak sepenuhnya steril dari jenis kelamin lain.

Shenzhen Metro Group tidak melarang apabila perempuan perlu didampingi oleh penumpang pria jika dalam keadaan sakit atau kondisi khusus. Pria lanjut usia (lansia) atau anak-anak yang bepergian bersama wanita juga dapat duduk bersama di gerbong prioritas tersebut.

Di Ibu Kota Provinsi Guangdong, Guangzhou, uji coba untuk gerbong khusus itu juga sudah dicoba sejak Juni 2017. Satu gerbong di setiap rangkaian kereta di jalur 1 dikhususkan hanya untuk penumpang wanita selama jam sibuk di hari kerja.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini