Uruguay Segera Ekstradisi 'Raja Kokain dari Milan' ke Italia

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 11 Maret 2018 00:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 10 18 1870779 uruguay-segera-ekstradisi-raja-kokain-dari-milan-ke-italia-xNU2Q1fCVY.jpg Rocco 'Raja Kokain dari Milan' Morabito segera diekstradisi ke negara asalnya (Foto: EPA)

MONTEVIDEO – Pemerintah Uruguay sepakat untuk mengekstradisi bandar narkoba terkemuka Italia, Rocco Morabito, ke negara asalnya. Pria berjuluk ‘Raja Kokain dari Milan’ itu ditangkap pada 2017 di Montevideo.

Rocco selama 10 tahun terakhir tinggal di Kota Punta del Este dengan menggunakan identitas palsu. Ia adalah Ketua dari Geng Kriminal Ndrangheta yang sangat ditakuti di Italia. Namanya menjadi salah satu dari buronan paling dicari di Negeri Pizza.

Dinukil dari BBC, Minggu (11/3/2018), Rocco Morabito, menurut keterangan pengacaranya, akan mengajukan banding terhadap putusan ekstradisi tersebut. Media Uruguay, El Pais melaporkan, Rocco Morabito akan diekstradisi awal pekan mendatang setelah jaksa khusus kejahatan terorganisir mengesahkan perintah ekstradisi.

Morabito akan diekstradisi berdasarkan proses hukum sebelumnya terkait kejahatan terorganisir dan perdagangan narkoba yang diterbitkan secara in absentia. Dengan demikian, ia tidak akan mengikuti proses hukum baru, tetapi melanjutkan persidangan yang tertunda.

Pengacara Rocco Morabito mengatakan, kliennya berencana untuk mengajukan banding atas putusan tersebut. Sebab, perjanjian ekstradisi antara Uruguay dengan Italia tidak menyertakan proses hukum untuk persidangan in absentia.

Geng Kriminal Ndrangheta diketahui mengontrol 80% perdagangan narkoba jenis kokain di seantero Eropa. Polisi mengatakan, Rocco Morabito adalah dalang di balik penyelundupan ratusan kilo kokain dari Brasil ke Italia.

Ia ditangkap pada September 2017 ketika tengah menginap di sebuah hotel di Ibu Kota Montevideo. Rocco bermalam di hotel tersebut setelah terlibat pertengkaran dengan istrinya. Dari hasil penggerebekan di vila pribadinya di Punta del Este, polisi berhasil menyita sepucuk senjata api, 13 buah telefon genggam, dan 150 buah foto seukuran paspor Rocco Morabito dalam berbagai samaran.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini