nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemendagri Jamin Rekaman Data E-KTP Aman

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Sabtu 10 Maret 2018 11:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 10 337 1870664 kemendagri-jamin-rekaman-data-e-ktp-aman-tJi4k1m6iO.jpg Diskusi soal Keamana data yang diadakan MNCTrijaya (Foto: Arie/Okezone)

JAKARTA - Kementeriaan Dalam Negeri (Kemendagri‎) menjamin bahwa rekaman data Kartu Tanda Penduduk KTP eletronik (e-KTP) aman dan tidak akan mengalami kebocoran. Rekaman data tersebut berisikan nomor KTP dan nomor induk Kartu Keluarga (KK).

Sebagaimana hal tersebut diungkapkan Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrullah menanggapi adanya isu kebocoran data-data rekaman e-KTP para penduduk Indonesia dalam beberapa waktu belakangan ini.

‎"Terkait isu yang disampaikan bahwa semua data registrasi (bocor), saya jamin aman. Tida ada data yang keluar dan data yang bocor," kata Zudan saat menghadiri diskusi Polemik Radio MNCTrijaya Network di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (10/3/2018).

 (Baca: Soal Registrasi SIM Card, Pengamat Siber: Perlu Fasilitas Unreg)

Menurut Zudan, semua penduduk yang telah meregistrasikan data-data untuk e-KTP melalui operator kartu telepon seluler masing-masing sudah masuk kedalam sistem dan dijamin kerahasiaannya. Saat ini, sudah hampir 350 juta penduduk yang mendaftarkan data-data e-KTP melalui telepon seluler.

"Sampai kemarin sore teregistrasi 330 juta nomer seluler. Pagi ini tambah 2 juta lagi," terang Zudan.

Dia pun mengaj‎ak agar semua penduduk melawan penyebaran-penyebaran hoax yang menyebut adanya rekaman data e-KTP mengalami kebocoran. Sebab, semua nomor KTP dan KK yang telah dikirim dan dicatat oleh Kemendagri dijamin keamanannya.

"Kalau saat ini ada nomer telpon yang mengancam, kita bisa langsung identifikasi itu siapa. Saya melakukannya tinggal ketik KK dan KTP di google ternyata muncul semua," pungkasnya.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini