nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menlu Retno: Kemlu Terus Berinovasi Layani WNI di Luar Negeri

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 11 Maret 2018 20:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 11 18 1871054 menlu-retno-kemlu-terus-berinovasi-layani-wni-di-luar-negeri-H8bzjt2QYL.jpg Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, memegang contoh Kartu Pekerja Indonesia Pelaut (Foto: @Menlu_RI/Twitter)

SINGAPURA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Lestari Priansari Marsudi, berjanji Kementerian Luar Negeri (Kemlu) akan terus berinovasi agar dapat melayani warga negara Indonesia (WNI) dengan lebih cepat, mudah, dan murah. Pernyataan itu disampaikan di hadapan sekira 4.000 tenaga kerja Indonesia (TKI) di Singapura.

"Saya sangat bangga dengan berbagai inovasi pelayanan publik yang dilakukan KBRI Singapura,” ucap Menlu Retno, dalam keterangan pers yang diterima Okezone, Minggu (11/3/2018).

Diplomat kelahiran Semarang itu berada di Kedutaan Besar RI (KBRI) Singapura dalam rangka peluncuran tiga inovasi pelayanan publik, yaitu Kartu Pekerja Indonesia (KPI) Pelaut, BPJS Ketenagakerjaan Online dan Akreditasi Agen Online. Sebagai informasi, KBRI Singapura setiap harinya memberikan sekitar 400 layanan publik bagi WNI.

BACA JUGA: Kunjungi Singapura, Menlu Retno Luncurkan 3 Inovasi Pelayanan WNI

Setidaknya terdapat sekira 130 ribu TKI di Singapura saat ini, di mana mayoritas bekerja di sektor rumah tangga. Jumlah TKI di Singapura adalah terbesar keempat di Asia Pasifik setelah Malaysia, Taiwan dan Hong Kong.

"Salam dari Presiden Jokowi. Pesan Presiden kepada saya jelas dan tegas. Berikan pelayanan terbaik kepada semua WNI dimanapun mereka berada,” imbuh Menlu Retno.

Sebagai bentuk peningkatan pelayanan publik, saat ini hampir semua pelayanan publik di Kementerian Luar Negeri telah tersertifikasi ISO 9001:2015. Selain itu hampir seluruh pelayanan kekonsuleran di Kemlu sudah dapat dijangkau secara online.

Untuk melayani WNI di luar negeri, mulai 1 April 2018 secara bertahap di seluruh Perwakilan RI Kemlu akan menerapkan Sistem Informasi Pelayanan dan Perlindungan WNI (Portal Peduli WNI).

"April mendatang Kemlu juga akan meluncurkan Portal Peduli WNI dan SafeTravel,” kata Menlu Retno.

Portal Peduli WNI adalah sistem pelayanan WNI di luar negeri yang sudah terintegrasi secara online dengan seluruh data nasional seperti data kependudukan Kemendagri, Keimigrasian Kemenkumham dan data ketenagakerjaan di BNP2TKI serta Kemnaker. Dengan sistem ini layanan di seluruh Perwakilan RI akan diseragamkan dan dapat dijangkau secara daring (online).

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini