nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Toyota-Mazda Patungan Dirikan Pabrik di Alabama, Mau Bikin Mobil Apa?

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Senin 12 Maret 2018 18:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 12 15 1871620 toyota-mazda-patungan-dirikan-pabrik-di-alabama-mau-bikin-mobil-apa-Z0spiUIvXo.jpg Foto: Paultan

TOYOTA dan Mazda telah patungan untuk mendirikan sebuah perusahaan, Mazda Toyota Manufacturing AS (MTMUS) yang akan memproduksi kendaraan di Huntsville, Alabama, pada 2021. Langkah ini merupakan bagian dari kemitraan bisnis dan modal antara kedua produsen mobil tersebut, yang ditandatangani pada Agustus tahun lalu.

Pabrik tersebut diperkirakan memiliki kapasitas untuk memproduksi 300.000 unit, dengan setengah model crossover Mazda, yang akan diperkenalkan untuk pasar Amerika Utara. Tidak ada rincian mengenai model tersebut, namun saat ini Mazda crossover / SUV di AS termasuk CX-3, CX-5 dan CX-9, dengan mesin diesel CX-5 yang akan tiba di masa depan. Kapasitas yang tersisa (150.000 unit) untuk Toyota Corolla.

Dengan total investasi sebesar 1,6 miliar Dollar AS atau sekira Rp22 trilliun, kemitraan yang setara antara kedua pembuat mobil, pembangunan skala penuh dari rencana tersebut diperkirakan akan dimulai pada 2019. Setelah selesai, fasilitas ini diharapkan dapat menyediakan hingga 4.000 peluang pekerjaan

"Kami berharap untuk memastikan MTMUS adalah tanaman yang berarti di jantung masyarakat setempat. Dengan kombinasi terbaik dari teknologi dan budaya perusahaan kami, Mazda dan Toyota tidak hanya akan memproduksi mobil berkualitas tinggi, namun juga akan menciptakan pabrik dengan bangga pada karyawan mereka dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi lokal dan industri otomotif, " kata Masashi Aihara, pejabat eksekutif Presiden Mazda dan MTMUS. Demikian dilansir dari Paultan, Senin (12/3/2018).

"Dengan pabrik baru ini, yang merupakan fasilitas manufaktur Toyota ke-11 di AS, ini tidak hanya mewakili komitmen kami di negara ini, namun juga merupakan faktor kunci bagi kami untuk meningkatkan daya saing kami di bidang manufaktur di AS," kata Hironori Kagohashi, General manager eksekutif Toyota dan wakil eksekutif eksekutif MTMUS.

[Baca Juga: Toyota Resmi Tutup Pabrik Mobil di Australia, Ini Penyebabnya]

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini