nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PM Jepang Kembali Digoyang Skandal Penjualan Lahan Sekolah

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 12 Maret 2018 12:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 12 18 1871309 pm-jepang-kembali-digoyang-skandal-penjualan-lahan-sekolah-EM501h8mKm.JPG Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (Foto: Toru Hanai/Reuters)

TOKYO – Pemerintah Jepang tengah digoyang skandal kronisme yang melibatkan Perdana Menteri (PM) Shinzo Abe dan Menteri Keuangan Taro Aso. Keduanya dianggap melakukan mark up dalam proses jual beli lahan untuk pembangunan sekolah. Skandal jual beli itu pertama kali mencuat pada 2017.

Selain Abe dan Taro yang merupakan sekutu, skandal tersebut juga menyeret nama Akie Abe, istri sang perdana menteri. Shinzo dan Akie diduga menjual lahan tersebut dengan harga hanya 10% dari total nilai di pasaran kepada operator sekolah swasta Moritomo Gakuen.

Menurut laporan dari media-media Jepang, nama Akie Abe langsung dihapus dari dokumen resmi jual-beli tanah tersebut. Shinzo Abe berulang kali menolak tuduhan dia dan istrinya memilih Moritomo Gakuen yang akhirnya membeli tanah tersebut dibandingkan operator sekolah lainnya.