nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jet Pribadi Pebisnis Turki Jatuh di Iran, 11 Orang Tewas Termasuk Putrinya

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 12 Maret 2018 15:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 12 18 1871442 jet-pribadi-pebisnis-turki-jatuh-di-iran-11-orang-tewas-termasuk-putrinya-ycQpY2xLok.jpg Putri pebisnis Turki Huseyn Basaran, Mina, tewas dalam kecelakaan jet pribadi di Iran (Foto: Mina Basaran/Instagram)

ISTANBUL – Sebuah pesawat jet pribadi milik pebisnis Turki, Huseyn Basaran, jatuh di wilayah pegunungan Iran saat hendak kembali dari Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Sedikitnya 11 orang tewas dalam kecelakaan tersebut, termasuk putri sang pebisnis Mina Basaran.

“Bangkai pesawat dan jenazah para korban sudah ditemukan. Mereka akan dibawa dari pegunungan ketika matahari terbit. Turut berduka cita bagi mereka yang kehilangan orang-orang terkasih,” ujar Kepala Bulan Sabit Turki, Kerem Kinik, melansir dari The Star, Senin (12/3/2018).

Juru bicara Organisasi Penerbangan Sipil Iran, Reza Jafarzadeh menuturkan, jet pribadi itu jatuh di dekat Kota Shahr-e Kord. Sementara itu, juru bicara badan layanan darurat Iran, Mojtaba Khaledi menerangkan, berdasarkan kesaksian penduduk setempat, para korban ditemukan tewas dengan luka bakar yang cukup parah.

Pesawat tersebut diketahui terdaftar atas nama perusahaan milik Huseyn Basaran. Pejabat di Kementerian Perhubungan Turki menuturkan, pesawat mengangkut delapan orang penumpang dan tiga kru penerbangan.

Mina Basaran naik pesawat tersebut bersama dengan tujuh orang teman-temannya untuk mengadakan pesta menyambut rencana pernikahan perempuan itu pada April mendatang. Fakta tersebut diperkuat oleh unggahan terakhir Mirna Basaran di akun Instagram yang tengah dikelilingi teman-temannya.

Huseyn Basaran adalah seorang pebisnis Turki dengan rentang usaha di berbagai bidang, seperti perkapalan hingga energi. Ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Trabzonspor, klub sepakbola asal Turki.

Salah satu perusahaan milik Huseyn merupakan pemegang saham di Bank BSC, sebuah bank investasi kecil di Bahrain. Beberapa proyek konstruksi dikerjakan oleh unit usaha Huseyn Basaran yang lain, termasuk sebuah blok apartemen mewah di Istanbul, Turki, yang dinamai ‘Menara Mina’ sesuai dengan nama sang putri. (war)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini