nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Polhukam Rapat dengan Penyelenggara Pemilu Bahas Pilkada

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 12 Maret 2018 20:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 12 337 1871709 menko-polhukam-rapat-dengan-penyelenggara-pemilu-bahas-pilkada-CYJfliBy8s.jpg Menko Polhukam Wiranto usai rapat dengan penyelenggara pemilu dan mendagri. (Foto: Harits Tryan Akhmad/Okezone)

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menggelar rapat koordinasi tentang penyelenggaraan pilkada serentak 2018 di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (12/3/2018).

Dalam rapat tersebut, hadir pula Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu, Jaksa Agung. Wiranto mengatakan, rakor tersebut merupakan kelanjutan untuk menemukan permasalahan yang harus diselesaikan menjelang Pilkada Serentak 2018 maupun Pemilu 2019.

“Karena kita sadar bahwa pemilu merupakan indikator dari negara demokrasi untuk melaksanakan suatu kewajiban politiknya dalam menegakkan demokrasi itu,” papar Wiranto.

Ia mengatakan, kegiatan Pemilu itu merupakan kewajiban dari sebuah negara demokrasi. Oleh karena itu, lanjut dia,pemilu merupakan sebuah hal yang harus disambut dengan keceriaan, bukanlah malah menakutkan.

“Jadi seakan-akan tahun pemilu adalah suatu tahun yang menakutkan yang akan menimbulkan sesuatu yang mengganggu stabilitas negara, bukan seperti itu,” tegas Wiranto.

(Baca Juga: Mendagri Tak Setuju Usul Tommy Soeharto soal Gubernur Dipilih Presiden)

Oleh karena itu, dalam rapat yang membahas Pilkada maupun Pilpres agar tidak mengganggu ketertiban, keamanan, dan stabilitas nasional itu, ada delapan hal yang dibahas.

“Paling tidak ada delapan poin yang kita selesaikan, yang menyangkut tahapan penyelesaian pemilu, misalnya harus diselesaikan dengan waktu yang tepat. Jangan sampai ada yang terlambat dalam tahapan-tahapan itu. Di sini kita ingatkan kepada seluruh stakeholder yang melaksanakan pemilu itu tepat waktu dalam memberikan suatu keputusan-keputusan yang menyangkut tahapan pemilu,” tandasnya.

(Baca Juga: Jenderal Tito Rangkul Mahasiswa untuk Jaga Situasi Aman dan Damai di Tahun Politik)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini