nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tim UGM Siap Berlaga Dalam Kompetisi Otomotif Dunia di London

Shara Nurachma, Jurnalis · Senin 12 Maret 2018 11:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 12 65 1871316 tim-ugm-siap-berlaga-dalam-kompetisi-otomotif-dunia-di-london-MSnAkPz6z5.jpg Foto: Dok UGM

JAKARTA - Tim Semar UGM akan berlaga pada kompetisi Driver's World Championship (DWC) tingkat dunia di London, Inggris pada 8 Juli 2018 mendatang. Kesempatan emas ini bisa didapatkan karena sebelumnya, Tim Semar UGM berhasil meraih juara pertama dalam DWC tingkat Asia yang juga merupakan rangkaian kompetisi Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2018 di Changi Exhibition Centre Singapura.

“DWC adalah ajang paling bergengsi sejagad untuk kompetisi otomotif tingkat mahasiswa. Di sana nantinya kendaraan diuji kecepatan dan keandalannya tetapi juga harus hemat,” ungkap Dr. Jayan Sentanuhady, pembimbing Tim Semar UGM seperti dilansir dari laman UGM, Senin (12/3/2018).

Ia juga menjelaskan bahwa menyeimbangkan performance mesin, aerodinamika body, keandalan struktur kendaraan, dan habit pengemudi adalah hal yang cukup sulit dan menjadi tantangan tersendiri bagi Tim Semar UGM.

Pada hari terakhir kompetisi SEM Asia 2018, Minggu 11 Maret, Tim Semar UGM menurunkan dua kendaraannya, yakni Semar Proto Electric dan Semar Urban Gasoline yang tentunya telah melewati beragam proses seleksi dan telah melalui persaingan sengit dengan ratusan peserta lainnya dari berbagai negara di Asia.

Semar Proto Electric berhasil mendapat peringkat 4 untuk kategori proto battery-electric Asia. “Pencapaian ini sungguh luar biasa mengingat Semar Proto Electric pada kompetisi ini adalah penampilan perdananya. Saya kira capaian ini sudah cukup bagus, banyak pengalaman yang kita dapatkan untuk bahan perbaikan ke depan,” ujar Antonius Adhika, Ketua Tim Semar UGM.

Sementara itu, kendaraan Tim Semar lainnya yakni Semar Urban Gasoline yang ikut berlaga di kategori urban, berhasil meraih juara 2 dalam kelas Internal Combustion Engines (ICE). Kendaraan ini jugalah yang berhasil meraih juara pertama dalam adu cepat di ajang DWC Asia dan menjadikan Tim Semar UGM dapat berlaga di DWC London.

Tim Semar UGM merasa sangat bersyukur dan tak menyangka semua kerja keras dan cita-cita mereka akhirnya berbuah manis. Tim Semar UGM pun bertekad akan memberikan performa terbaiknya di London guna membanggakan nama Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Indonesia di kancah internasional.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini