Mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Sambut Baik Pencabutan Larangan Bercadar

Shara Nurachma, Jurnalis · Senin 12 Maret 2018 16:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 12 65 1871523 mahasiswi-uin-sunan-kalijaga-sambut-baik-pencabutan-larangan-bercadar-hEvzg3P2nA.jpg Ilustrasi (Foto: EPA)

JAKARTA - Mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang mengenakan cadar sangat bersyukur dengan adanya pencabutan kebijakan larangan penggunaan cadar di kampus tersebut.

Salah satunya adalah Dewi, mahasiswi Akidah Filsafat Islam, Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam yang menyambut baik terbitnya surat pencabutan pembinaan mahasiswi bercadar. Ia mengaku senang bahwa ketakutan dan perlawanan beberapa pihak terhadapnya akan segera berakhir.

“Sehingga ini dapat meminimalkan fitnah-fitnah yang berdampak kurang baik pada nama kampus,” ujarnya seperti dilansir dari laman Solopos, Senin (12/3/2018).

Walau aturan larangan bercadar yang menjadi polemik tersebut telah dihapus, ini justru membuat Dewi akan lebih berhati-hati dan dijadikan pelajaran berharga. Menurutnya, meski hal ini dianggap selesai, tak menutup kemungkinan masih banyaknya orang di luar sana yang memandang berbeda terhadap wanita bercadar.

Dewi mengambil pelajaran penting dari adanya pro kontra penggunaan cadar di kampus ini, ia akan terus memperbaiki diri dalam berkomunikasi di lingkungan sekitar dan akan membuktikan bahwa wanita bercadar bukanlah wanita eksklusif dan radikal seperti yang disangkakan banyak orang.

“Pada intinya dari kejadian ini kami mencatat poin penting, yang kadang dijadikan masalah. Terutama berkaitan lingkungan sekitar, kami akan memperbaiki termasuk bersosialisasi secara totalitas,” ujarnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini