nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Koleksi Gigi Hiu Purba Raksasa Australia Dicuri

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 03:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 13 18 1872184 koleksi-gigi-hiu-purba-raksasa-australia-dicuri-VlJSJ2wlWi.jpg Fosil gigi Megalodon yang dicuri diketahui menempel pada sebongkah batu (Foto: BBC)

PERTH – Sebuah gigi milik seekor hiu purba raksasa dicuri dari Situs Warisan Dunia di Australia Barat. Gigi sepanjang 8 sentimeter (cm) itu hilang dari lokasi yang tidak diungkapkan di sebuah taman nasional terpencil di Australia Barat.

Fosil tersebut berasal dari spesies Megalodon, predator raksasa yang diyakini sudah punah sekira 2,6 juta tahun lalu. Otoritas terkait meyakini bahwa gigi itu sudah diincar para pencuri. Gigi yang dicuri adalah salah satu dari dua gigi Megalodon yang berada di Ningaloo Coast.

“Bagian terburuk adalah mereka mencuri spesimen yang lebih baik, yang tidak banyak orang tahu. Padahal, staf kami sudah menutupinya dengan bahan-bahan alami guna memastikan gigi itu benar-benar tersembunyi,” ucap juru bicara Departemen Lingkungan dan Konservasi Negara Bagian Australia Barat, Arvid Hogstrom, dinukil dari BBC, Rabu (14/3/2018).

Ia menambahkan, gigi yang dicuri itu diletakkan di sebuah lokasi yang cukup dirahasiakan dan ditempelkan ke batu. Tidak seperti spesimen satunya, gigi itu tidak dapat dengan mudah dilihat oleh turis.

Hogstrom mengatakan, hanya sekelompok kecil penduduk setempat dan beberapa orang lain yang tahu lokasi gigi tersebut. Ia menduga orang yang tahu lokasi tersebut tidak sengaja memberitahukan kepada pihak lain yang memutuskan untuk melakukan hal-hal buruk.

Fosil tersebut nampaknya dicabut dengan menggunakan palu atau alat pemahat, sehingga menurut Arvid Hogstrom pelakunya dapat dijerat pasal vandalisme dan konservasi. Ia mengaku belum dapat menaksir harga jual gigi tersebut, tetapi cukup yakin angkanya sangat besar. Sebab, fosil itu cukup terawat sejak masa purbakala.

“Biasanya, Anda hanya akan mendapatkan bagian dari gigi, tertanam di batu kapur, bukan gigi yang hampir utuh,” kata Arvid Hogstrom.

Hiu spesies Megalodon dapat tumbuh hingga memiliki ukuran panjang 18 meter (m) serta berat mencapai 100 ton, sekira 300 kali lebih berat dari hiu putih raksasa yang hidup di zaman sekarang. Fosil gigi Megalodon sudah beberapa kali ditemukan di belahan dunia lain, seperti Eropa, Afrika, dan Amerika.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini