Pengkritik Putin Ditemukan Tewas Misterius di London

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 16:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 14 18 1872664 pengkritik-putin-ditemukan-tewas-misterius-di-london-vuj5EC2Yfo.jpg Polisi berjaga di luar rumah Nikolai Glushkov yang tewas pada 13 Maret 2018. (Foto: AFP)

LONDON - Seorang pengusaha Rusia dan pejabat eksekutif yang memiliki hubungan dengan musuh Kremlin, Boris Berezovsky ditemukan tewas di London dalam keadaan yang tidak dapat dijelaskan. Kematian Nikolai Glushkov ini terjadi hanya beberapa hari setelah upaya pembunuhan terhadap mantan mata-mata Rusia Sergei Skrupal di Salisbury, Inggris.

BACA JUGA: Tokoh Anti-Putin Tewas Misterius di Inggris

Glushkov yang pernah bekerja di perusahaan milik Berezovsky, Aeroflot dan AvtoVAZ ditemukan oleh putrinya Natalya di rumahnya di New Maiden, barat daya London pada Senin, 12 Maret. Surat kabar Rusia, Kommersant melaporkan bahwa ada tanda cekikan pada tubuh Glushkov.

 Polisi kontraterorisme Inggris yang menyelidiki kematian Glushkov dan upaya pembunuhan terhadap Skripal di Salisbury mengatakan tidak bukti yang menunjukkan dua insiden ini berhubungan. Pihak berwenang Inggris menyelidiki kasus ini dengan seksama karena koneksi yang dimiliki oleh Glushkov.

"tidak ada bukti yang menunjukkan adanya kaitan dengan kejadian di Salisbury. Kematian ini sekarang sedang diperlakukan sebagai insiden yang tidak dapat dijelaskan," kata seorang petugas kepolisian sebagaimana dilansir AFP, Rabu (14/3/2018).

 Glushkov menerima suaka politik di Inggris setelah menjalani hukuman lima tahun penjara di Rusia karena tuduhan melakukan pencucian uang dan penipuan.

Dia memiliki hubungan yang cukup dekat dengan Boris Berezovsky, seorang oligarki yang berkuasa di Rusia. Berezovsky merupakan pendukung Presiden Rusia Vladimir Putin yang kemudian berbalik menentangnya. Berezovsky ditemukan tewas digantung di dalam kamar mandi rumahnya di luar Kota London pada 2013.

BACA JUGA: Musuh Putin Tewas Digantung

Saat itu Glushkov menyatakan dengan tegas bahwa Berezovsky telah dibunuh.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini