nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bom Perang Dunia Picu Evakuasi 23 Ribu Warga Italia

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 20:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 14 18 1872770 bom-perang-dunia-picu-evakuasi-23-ribu-warga-italia-395tuYqxWG.jpg Bom sepanjang 1,1 m itu memicu evakuasi 23 ribu warga Kota Fano, Italia (Foto: Municipality of Fano/BBC)

FANO – Bom sisa Perang Dunia II menghebohkan Kota Fano, Italia. Sedikitnya 23 ribu orang penduduk diungsikan sementara usai bom buatan Inggris itu ditemukan pada Selasa 13 Maret. Pejabat kota mengatakan, bom itu bisa meledak setelah tidak sengaja diaktifkan selama proses penggalian proyek.

Bom sepanjang 1,1 meter (m) dengan berat 225 kilogram (kg) itu ditemukan saat proses pembangunan drainase di wilayah pinggir laut. Warga dan bangunan dalam radius 1,8 kilometer (km) harus dievakuasi. Bandara serta pelabuhan di Fano juga ditutup selama proses penjinakan bom.

“Langkah itu diperlukan karena operasi penjinakan bom sangat berbahaya,” ujar Wali Kota Fano, Massimo Seri, mengutip dari BBC, Rabu (14/3/2018).

Otoritas terkait juga memindahkan para pasien yang tengah dirawat di rumah sakit serta menghentikan operasional kereta api untuk sementara waktu demi keamanan. Personel dari Angkatan Darat serta Angkatan Laut militer Italia dikerahkan untuk menjinakkan bom.

Setelah bekerja sepanjang malam, para ahli itu akhirnya berhasil memindahkan bom dan menceburkannya ke laut pada dini hari waktu setempat. Namun, aktivitas di Fano diyakini belum akan kembali normal.

Sejumlah sekolah tetap ditutup sepanjang hari ini sementara kantor-kantor layanan publik baru akan beroperasi mulai pukul 13.00 waktu setempat. Akan tetapi, para penduduk sudah diperkenankan untuk kembali ke rumah masing-masing.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini