Angela Merkel Dipilih Kembali Sebagai Kanselir Jerman untuk Masa Jabatan Keempat

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 19:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 14 18 1872776 angela-merkel-dipilih-kembali-sebagai-kanselir-jerman-untuk-masa-jabatan-keempat-k4Zs4etS1s.jpg Angela Merkel kembali dipilih sebagai Kanselir Jerman. (Foto: Reuters)

BERLIN - Angela Merkel kembali dipilih oleh anggota parelemen sebagai kanselir Jerman untuk masa jabatan keempatnya. Merkel memperoleh 364 dari 709 suara dalam pemungutan suara  Bundestag, parlemen Jerman, atau sembilan suara lebih banyak dari 50 persen suara yang dibutuhkan.

BACA JUGA: Angela Merkel, Kanselir Jerman Bergelar Doktor Kimia Kuantum yang Ternyata Takut Anjing

Pemungutan suara di parlemen pada Rabu, 14 Maret pagi mengakhiri gejolak politik yang telah berlangsung selama sekira enam bulan di Jerman. Gejolak itu dipicu oleh berpindahnya jutaan pemilih dari dua partai arus utama Jerman, Partai Persatuan Demokrasi Kristen (CDU) yang dipimpin Merkel dan Partai Sosial Demokrat (SPD) ke partai lain beraliran kiri dan kanan. 

CNN, Rabu (14/3/2018) melaporkan, kemenangan Merkel menandai batu loncatan terakhir di jalan menuju pemerintahan baru Jerman - sebuah pembaruan dari apa yang disebut grand koalisi ("GroKo") antara aliansi CDU dan SPD.

Mantan pimpinan SPD, Martin Schulz, awalnya mengesampingkan kemungkinan terbentuknya GroKo baru. Schultz berjanji akan menjadikan partainya sebagai pihak oposisim namun terpaksa berubah pikiran setelah pembicaraan koalisi antara CDU dengan Partai Hijau dan Partai FDP liberal menemui kegagalan November lalu dan membuka kemungkinan digelarnya pemilihan baru.

Setelah negosiasi yang berlangsung selama beberapa pekan, perjanjian koalisi akhirnya terbentuk dan disetujui oleh anggota SPD yang memberikan suaranya melalui kotak suara.

BACA JUGA: Berterima Kasih, Keluarga Suriah Namai Bayi Mereka Angela Merkel

Setelah pemungutan suara itu Merkel pertama-tama akan melakukan perjalanan ke kediaman Presiden Frank-Walter Steinmeier di Berlin untuk secara resmi dinominasikan sebelum kembali ke Bundestag untuk dilantik sebagai Kanselir pada Rabu malam.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini