KPK Bakal Umumkan Lebih dari Satu Calon Kepala Daerah Sebagai Tersangka

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 14:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 14 337 1872605 kpk-bakal-umumkan-lebih-dari-satu-calon-kepala-daerah-sebagai-tersangka-SUHNdw0SWi.jpg Ketua Umum KPK Agus Raharjo (Foto: Okezone)

JAKARTA - ‎Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo mengindikasikan ada lebih dari satu calon kepala daerah yang akan jadi tersangka. Sebab, pengumuman tersangka untuk para calon kepala daerah yang akan dijadikan satu dalam waktu dekat.

Agus sendiri mengatakan, sudah ada satu surat perintah penyidikan (Sprindik) untuk calon kepala daerah yang ditandatangani. Namun, Agus belum mau mengumumkan penetapan tersangka tersebut sebelum semua sprindik calon kepala daerah bermasalah ditandatanganinya.

"Itu kan baru satu (sprindik yang ditandatangani) ada beberapa. Mudah mudahan mungkin dikumpulkan nanti," kata Agus di Kementeriaan Keuangan (Kemenkeu), Jakarta Pusat, Rabu (14/3/2018).

Agus sendiri menolak usulan dari pemerintah terkait penundaan calon kepala daerah. ‎Sebab, kata Agus, penegakan hukum harus berjalan sesuai dengan porsinya ketika sudah ditemukan kecukupan alat bukti.

‎"Penegakan hukum harus jalan, oleh karena itu kami akan meneruskan mengumumkan supaya pilkada bisa berjalan baik ya harus ada langkah langkah dari pemerintah," katanya.

Agus pun memberikan langkah solutif untuk pemerintah yakni dengan menerbitkan Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) ‎untuk mengganti calon kepala daerah yang tersangkut kasus korupsi. Sebab, dirasa Agus, tidak etis jika ada tersangka yang dilantik sebagai Kepala daerah.

"Bayangkan saja, sudah jadi tersangka dilantik kan juga rasanya tidak etis ya," pungkasnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini