nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PNS Pria Dapat Cuti Sebulan saat Istri Melahirkan, Sandi: Itu Rencana Kerja Kita

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 11:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 14 338 1872504 pns-pria-dapat-cuti-sebulan-saat-istri-melahirkan-sandi-itu-rencana-kerja-kita-Ol9FqrR0Zc.jpg Sandiaga Uno (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menerbitkan sebuah kebijakan untuk pegawai negeri sipil (PNS) pria yang hendak menemani istrinya melahirkan. Diterbitkannya peraturan itu merupakan sebuah rencana kerja dari pemerintahan Anies-Sandi.

"Kami sudah menjanjikan program ini dan menjadikan salah satu rencana kerja kita," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/3/2018).

 (Baca: PNS Pria Dapat Cuti Sebulan Temani Istri Melahirkan Sudah Berlaku di Pemprov DKI)

Politikus Partai Gerindra itu menerangkan, ternyata keputusan yang digagas oleh Pemprov DKI Jakarta disambut baik oleh pemerintah pusat yang akhirnya diterbitkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Nomor 24 Tahun 2017 poin IIE Nomor 3.

"Kebetulan sekarang cantolan dari pemerintah pusatnya sudah terbit. Jadi kita sampaikan untuk PNS yang menemani istrinya melahirkan kita beri fasilitas cuti untuk menemani istri," imbuhnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihaknya memberikan izin kepada PNS pria dari satu minggu sebelum istri mereka melahirkan dan tiga minggu setelah sang buah hati lahir. "Kita satu minggu sebelun kelahiran dan tiga minggu setelah kelahira," pungkasnya.

 (Baca juga: Sandiaga: Kita Akan Tegas Melarang Pengambilan Air Tanah Secara Ilegal)

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Syamsudin Lologau mengatakan, semenjak Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan resmi menjadi orang nomor satu di Ibu Kota, ia mengeluarkan kebijakan cuti sebulan untuk pegawai negeri sipil (PNS) pria yang hendak menemani sang istri melahirkan.

"(Berlaku) sejak Pak Anies, Pak Gubernur kita," kata Syamsudin, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, kemarin.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini