Masih Rawan, Jalur Puncak Tak Bisa Dilewati Truk dan Bus di Musim Mudik

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 18:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 14 338 1872790 masih-rawan-jalur-puncak-tak-bisa-dilewati-truk-dan-bus-di-musim-mudik-KYq7U3zgBR.jpg Jalur Puncak saat ujicoba pembukaan jalur usai longsor (Foto: Putra/Okezone)

BOGOR - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor menyebut bahwa musim mudik/libur Lebaran 2018, Jalur Puncak yang mengarah ke Cianjur masih tetap tidak dapat dilintasi oleh kendaraan truk dan bus.

"Untuk musim mudik Lebaran nanti, kendaraan bus dan truk ke arah Cianjur via Jalur Puncak tetap ditutup," kata Kasatlantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama kepada Okezone, Rabu (14/3/2018).

Hal itu dilakukan mengingat kondisi Jalur Puncak masih rawan untuk dilalui kendaraan besar karena masih ada pengerjaan pengerasan pondasi di titik yang menglami longsor beberapa waktu lalu.

"Sebenarnya sudah bisa dilalui tapi masih harus hati-hati. Makanya yang boleh melintas hanya mobil atau motor. Arus lalu lintas juga cenderung lebih lancar semenjak tidak ada truk atau bus ke Cianjur," jelasnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat yang menggunakan kendaraan bus atau kendaraan besar lainnya menuju Cianjur dan sekitarnya menggunakan jalur alternatif via Jonggol atau Sukabumi.

"Kami imbau yang ingin pergi ke Cianjur apalagi kalau ke daerah Cipanas atau Ciloto saat libur lebaran bisa lewat jalur Jonggol saja. Karena bisa lebih cepat dan tidak macet. Tapi nanti semuanya keputusan tetap ada di Dirjen Perhubungan Darat," tandasnya.

Seperti diketahui, sejumlah titik di Jalur Puncak sempat mengalami longsor pada awal Februari 2018 lalu. Polisi pun sempat melakukan penutupan total kendaraan menuju Cianjur via Jalur Puncak.

Meski sudah bisa dilintasi kendaraan mobil dan motor, petugas masih melarang kendaraan bus dan truk melintasi Jalur Puncak yang menuju ke Cianjur demi keselamatan dan kelancaran lalu lintas.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini