nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anies Minta Pengusaha Hiburan Malam Tak Kucing-kucingan

Fadel Prayoga, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 23:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 14 338 1872918 anies-minta-pengusaha-hiburan-malam-tak-kucing-kucingan-NZ7uAGAF4q.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Fahreza Rizky/Okezone)

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 18 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Pariwisata. Orang nomor satu di Ibu Kota itu meminta pengusaha hiburan malam untuk mematuhi regulasi yang telah berlaku.

"Jadi tidak usah kucing-kucingan lagi," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/3/2018).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menambahkan, pihaknya telah menjelaskan secara detail ihwal apa saja yang dilarang di dalam Pergub itu. Jadi, tak ada lagi alasan bahwa perda yang berlaku itu rancu dan membuat mereka melanggar.

"Jadi Perda itu banyak hal yang belum diatur detailnya karena Perda harus diterjemahkan dalam bentuk Pergub. Selama ini, belum keluar Pergub untuk menerjemahkan Perda tentang usaha pariwisata," imbuhnya.

Anies menjelaskan, bila mereka nekat melakukan pelanggaran maka pihaknya tak akan sungkan untuk memberikan sanksi kepada pengusaha hiburan malam. Tapi, hukuman yang diberikan nanti tergantung kesalahan apa yang mereka perbuat.

Lebih lanjut Anies berharap Pergub itu dapat mengubah perilaku pengusaha hiburan malam yang gemar melanggar menjadi menaati aturan. Dengan begitu, ia melihat ada keefektifan dari pergub yang diterbitkan.

(Baca Juga: Sandiaga Tak Mau Lagi Ada Tempat Hiburan Malam Sediakan Praktik Prostitusi & Narkoba)

"Tujuan peraturan itu membentuk perilaku. Kalau peraturan itu membuat orang jadi hati-hati, jadi tidak menyelewengkan. Berarti aturannya efektif. Karena tujuannya membentuk perilaku, jadi tujuannya bukan mencari kesalahan," tandasnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini