nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wapres JK: Perguruan Tinggi Hadapi Tantangan Berat di Masa Depan

Shara Nurachma, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 13:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 14 65 1872586 wapres-jk-perguruan-tinggi-hadapi-tantangan-berat-di-masa-depan-cBi6OUyji5.jpg Foto: Antara

JAKARTA - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menyampaikan perguruan tinggi di Indonesia harus selalu mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan menghasilkan penelitian teknologi yang inovatif agar mudah menghadapi berbagai tantangan di masa mendatang.

JK menambahkan, tidak semua siswa harus masuk ke perguruan tinggi, tetapi untuk bisa mencapai kemajuan yang signifikan di masa depan, tentu perlu lulusan-lulusan yang berkualitas dan berasal dari perguruan tinggi yang juga berkualitas.

“Hari ini jumlah penduduk Indonesia sebanyak 260 juta orang, dan suatu saat bisa mencapai 9 miliar orang. Tantangannya antara lain adalah bagaimana nantinya kita memenuhi kebutuhan makan serta kebutuhan lain penduduk. Tentunya itu membutuhkan perubahan di antaranya dengan teknologi dan itu membutuhkan pendidikan,” ujar JK seperti dilansir dari laman Solopos, Rabu (14/3/2018).

JK mengungkapkan Indonesia mempunyai jumlah perguruan tinggi yang amat banyak yakni sekira 4.500 perguruan tinggi, berbeda jauh dengan Tiongkok yang hanya memiliki sekira 2.500 perguruan tinggi.

“Jumlah penting namun jauh lebih penting adalah kualitas. Di samping itu, selain perguruan tinggi harus mencetak lulusan juga harus mencetak keahlian yang bisa menjadi menjadi solusi bagi permasalahan yang ada di masa depan,” katanya.

Sebelumnya, Wapres menerima penganugerahan UNS Award 2018 Parasamya Anugraha Dharma Krida Baraya. Penghargaan yang diberikan kepada Wapres RI tersebut merupakan penghargaan tertinggi dari UNS untuk bidang sosial dan kemanusiaan.

“Kami melihat kepeloporan Bapak Jusuf Kalla dalam bidang sosial dan kemanusiaan serta sumbangannya dalam pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia,” ujar Rektor UNS, Ravik Karsidi.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini