nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenapa Dana Subsidi Daging Belum Cair? Ini Penjelasan BPKD Jakarta

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 15 Maret 2018 19:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 15 338 1873422 kenapa-dana-subsidi-daging-belum-cair-ini-penjelasan-bpkd-jakarta-0irJ9Z0zOs.jpg Pembagian daging kurban di Menteng Atas, Jakarta Selatan (Antara)

JAKARTA – Perusahaan Daerah Dharma Jaya hingga kini belum menerima dana subsidi daging. Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI Jakarta, Michael Rolandi menjelaskan, dana itu belum bisa dicairkan karena BUMD milik Pemprov DKI itu belum melengkapi data administrasi.

Sebelumnya Direktur Utama Dharma Jaya, Marina Ratna Dwi Kusumajati mengaku telah mengajukan pencairan dana subsidi daging pada November 2017. Michael menjelaskan untuk pencairan dana itu butuh peraturan gubernur (pergub).

"Diajukannya Bu Marina ngomong ke Pak Wagub itu November. Ngomong-ngomong di rapat, kan rapat nggak bisa dibuat berita acara untuk administrasi pencairan. Kan harus ada pergub, pergubnya dulu nih untuk bayar," kata Michael di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (15/3/2018).

Michael menerangkan, dalam memberikan dana harus menunggu pergub. "Itu kan untuk pembayaran November, Desember, dibuatlah pergub. Terbit Pergub Nomor 6 Tahun 2018 tanggal 2 Februari," imbuhnya.

Michael menambahkan, setelah terbit Pergub maka Dharma Jaya harus membuat surat perjanjian kerjasama (PKS) dengan Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (KPKP). Setelah ia memeriksa surat yang dilayangkan, ternyata ada mereka masih menggunakan pergub yang lama.

"Baru masuk lagi tanggal 13 Maret ke BPKD. Baru 13 Maret ya saya proses kemarin, hari ini mungkin baru bisa cair kalau lengkap semua," bebernya.

Ia menjelaskan, total dana yang akan dicairkan nanti adalah Rp 54 miliar. Itu untuk pembayaran daging sejak November lalu. "Jadi kan ada tagihan November, Sesember mau dibayar Rp 13 Miliar. Terrus ada uang muka yang 2018 Rp 41 miliar, jadi Rp 54 yang mau dicairin," pungkasnya.

Sebelumnya, Dharma Jaya mengutang untuk menyuplai daging bersubsidi. Dana subsidi macet karena belum cair.

"Jadi PSO belum keluar. Pada waktu November Wagub minta dibantu, dan sekarang belum cair," kata Marina di Balai Kota DKI.

Sementara Sandiaga Uno menjelaskan, kala dana itu masih diproses oleh dinas terkait. Pihaknya akan mendorong agar pencairan itu lebih cepat karena untuk kepentingan masyarakat.

"Saya dilapori sekitar 10 hari lalu, Bu Marina (Dirut Dharma Jaya) nangis-nangis ke saya, 'Belum turun uangnya.' Terus saya bilang, 'Saya bantu, sabar, Bu.' Dan saya cek ke DKPKP (Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan), memang lagi diproses, saya nanti akan dorong supaya lebih cepat," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, kemarin.

 

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini