Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti Terima Penghargaan International Women's Day

Nurul Hikmah, Okezone · Kamis 15 Maret 2018 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 15 340 1873217 bupati-tabanan-ni-putu-eka-wiryastuti-terima-penghargaan-international-women-s-day-yz1YC0Azi5.jpg Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan Ketua DPR Bambang Soesatyo (foto: Ist)

TABANAN - Bupati Kabupaten Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menerima penghargaan International Women’s Day oleh DPR RI, pada Rabu 14 Maret 2018. Penghargaan tersebut langsung diserahkan oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo.

Penghargaan International Women’s Day merupakan acara tahunan untuk memperingati Hari Wanita se-Dunia. Pada acara tersebut DPR RI memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi tertinggi kepada para tokoh masyarakat yang dianggap berjasa dalam kemajuan wanita di Indonesia.

(Baca Juga: Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti Bertemu Komite Perdamaian Dunia)

Salah satu penerima penghargaan tersebut adalah Bupati Tabanan yang telah berhasil mencapai kesetaraan gender serta pemberdayaan wanita di Bali. Bupati Tabanan dianggap berhasil dalam meningkatkan kesadaran publik mengenai isu peran wanita dalam ekonomi, sosial, budaya dan politik.

Bupati Eka berharap, penghargaan tersebut dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi orang lain. “Kami mewakili masyarakat Tabanan berterimakasih kepada DPR RI, karena telah memilih saya sebagai penerima International Women Day Award,” ungkapnya.

“Kami bersyukur karena apa yang saya lakukan bisa menginspirasi dan bermanfaat untuk orang lain. Saya sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin berkontribusi memajukan kaum wanita di Tabanan. Semoga sistem dan program yang selama ini saya lakukan bisa diduplikasi dan diaplikasi oleh orang lain dengan lebih baik lagi," sambung Eka.

Eka juga optimis bahwa program-programnya dapat meningkatkan derajat wanita khususnya di Tabanan. Program yang telah dijalankan dan menjadi pilot project Tabanan yaitu melalui program kesehatan pada perempuan yakni pencegahan dan penanganan kanker serviks.

"Lima tahun lalu perempuan di Tabanan sangat rentan dengan kanker serviks, maka dari itu kami mengusulkan untuk mengadakan cek kesehatan perempuan untuk mencegah kanker serviks yang saat ini sudah menurun di Tabanan. Selain itu, kami juga mendukung pemberdayaan perempuan untuk menjadi entrepreneur dengan BumDes yang kita miliki,” jelasnya.

Dia mengakui, dalam menjalankan misinya sempat mengalami berbagai masalah. Namun, komitmennya terhadap kemajuan wanita Tabanan dapat menghapus seluruh hambatan tersebut.

“Perempuan memang sudah memiliki kodrat lahiriah yang tidak bisa ditinggalkan, namun kita juga harus bisa membagi waktu dengan baik agar sebagai perempuan bisa turut andil dalam kemajuan perekonomian, sosial, politik. Sehingga dapat memaksimalkan kecerdasan otak kanan dan kiri,” urainya.

Selain itu, Eka juga berharap agar perempuan lebih memberanikan dirinya maju dalam bidang perekonomian, sosial, budaya dan politik. “Mereka harus punya keberanian, khususnya apabila perempuan ingin masuk ke dunia politik. Harus punya keyakinan dan tujuan yang jelas karena politik adalah pengabdian,” tambahnya.

(Baca Juga: Bupati Tabanan Imbau Masyarakat Laksanakan Nyepi dengan Damai)

Sementara Bambang Soesatyo mengatakan DPR sangat mengapresiasi acara ini yang memberikan penghormatan atas pencapaian yang telah dilakukan oleh para perempuan melalui bidang perekonomian, politik dan sosial budaya.

Menurutnya, pengakuan terhadap pentingnya peran perempuan itu perlu dilakukan karena perempuan berperan dalam mewujudkan dunia yang damai dan semua orang bisa merasakan perubahan yang telah dilakukan oleh perempuan.

"Kami akan terus mendorong pemberdayaan perempuan, kesetaraan gender dalam masyarakat. Karena kami ingin perempuan dapat turut serta menjadi pemimpin dalam mengambil keputusan,” pungkas pria yang akrab disapa Bamsoet.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini