Tiga Hacker Asal Surabaya Dikenal Pintar di Kampus

Syaiful Islam, Jurnalis · Kamis 15 Maret 2018 02:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 15 519 1872932 tiga-hacker-asal-surabaya-dikenal-pintar-di-kampus-mMQ587uI5f.jpg Rilis penangkapan 3 mahasiswa yang hack ribuan situs di 44 negara di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (13/3/2018). (Foto: Badriyanto/Okezone)

SURABAYA - Akhir-akhir ini publik dikejutkan dengan kabar penangkapan tiga pemuda asal Surabaya, Jatim. Pasalnya, ketiga pemuda tersebut mampu meretas ratusan situs pada 44 negara sehingga menjadi incaran FBI selama ini.

Ketiga pemuda tersebut masing-masing-masing berinisial NA (21), KPS (21) dan ATP (21). Mereka merupakan mahasiswa semester 6 program studi S1 Sistem Informasi Fakultas Teknologi dan Informatika Stikom Surabaya.

Saat berada di bangku kuliah tidak menunjukkan jika ketiganya adalah hacker yang mampu meretas ratusan situs. Tetapi, ketiganya memang tergolong pandai. Buktinya IPK mereka rata-rata 3.

"Memang benar mereka kuliah di sini dan masih semester enam. Kami baru mengetahui tadi malam kabar tersebut," terang Head of Public Relation Stikom Surabaya, Sugiharto Adhi Cahyono, pada wartawan saat dikonfirmasi, Rabu (14/3/2018).

Menurut Adhi, dirinya sangat terkejut setelah mendengar kabar bahwa ada tiga mahasiswanya ditangkap Polda Metro Jaya bersama FBI terkait meretas ratusan situs pada 44 negara. Sebab selama ini mereka baik dan tidak ada tanda-tanda mengarah ke perbuatan itu (melawan hukum).

Secara akademik meteka dinilainya cukup bagus antara 2,75 sampai 3.00. Saat mengikuti perkuliahan juga tidak ada indikasi satupun pelanggaran. Para dosen yang mengajarnya tidak ada keluhan adanya pelanggaran etika yang dilakukan mereka.

"Mereka bukan tipikal aktif di senat, karena tidak aktif jadi kami tidak banyak tahu tentang mereka. Sedangkan kalau aktivitas di luar, kami tidak bisa memantau," ungkapnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini