nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Survei SMRC Pilgub Jabar: Elektabilitas Duo DM dan RK-Uu Saling Balap

Chyntia Sami Bhayangkara, Jurnalis · Kamis 15 Maret 2018 19:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 15 525 1873413 survei-smrc-pilgub-jabar-elektabilitas-duo-dm-dan-rk-uu-saling-balap-5vUIApJdJO.jpg Survei Saiful Muzani di Jakarta Pusat (foto: Chyntia/Okezone)

JAKARTA - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menggelar survei tingkat elektabilitas para kandidat dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018. Dari hasil survei tersebut, tingkat elektabilitas pasangan Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi terus menyaingi pasangan Ridwan Kamil - UU Ruzhanul Ulum (Rindu).

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani mengatakan, dari hasil survei yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pasangan Rindu sementara unggul dengan dukungan 43,7 persen disusul oleh pasangan Duo DM sebesar 30,7 persen.

Sementara, untuk pasangan Sudrajat dan Akhmad Syaikhu mencapai 4,6 persen, pasangan TB Hasanudin-Anton Charliyan hanya sebesar 2,8 persen dan sebanyak 18,2 persen belum mengetahui para kandidat calon dalam Pilgub Jabar 2018.

"Umumnya Ridwan Kamil unggul dari calon lain, namun Deddy Mizwar pun terus menyaingi. Dalam citra ramah atau santun, Deddy dinilai seimbang dengan Ridwan yaitu sebesar 84 persen," ujar Deni di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (15/4/2018).

Deni menjelaskan, jika dilihat dari tren pilihan kepada Calon Gubernur Jabar, jumlah pemilih sosok Deddy Mizwar melonjak drastis selama 3 bulan terakhir jika dibandingkan dengan Ridwan Kamil.

Pada bulan September hingga Oktober 2017, tercatat angka pemilih Deddy sebesae 15,5 persen dan melonjak drastis menjadi 30,2 persen.

"Untuk angka pemilih Ridwan turut mengalami peningkatan namun tidak begitu signifikan, yakni dari 34,1 persen pada bulan September hingga Oktober 2017 meningkat menjadi 42,3 persen di bulan Maret 2018," paparnya.

Sementara, angka pemilih Sudrajat meningkat dari 0 persen pada bulan September hingga Oktober 2017 menjadi 4,3 persen di bilan Maret 2018. Disusul oleh TB Hasanudin meningkat dari 0 menjadi 3 persen.

Menurut Deni, ada hal yang menarik yakni saat dilihat dari sentimen partai dalam memilih para calon cukup terlihat. Bila pada pasangan Duo DM dan Rindu para partai pendukung konsisten mendukung mereka sesuai partai, ada beberapa massa pendukung dari pasangan TB Hasanudin-Anton dan Sudrajat-Syaikhu yang justru malah sebaliknya.

"Masa pendukung mereka sejauh ini malah lebih banyak mendukung ke pasangan lain selain pasangan yang didukung oleh partainya," ungkapnya.

Survei elektabilitas SMRC dilakukan sejak tanggal 1 hingga 8 Maret 2018. Survei tersebut mengambil sampel sebanyak 801 orang yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Untuk toleransi kesalahan atau margin of error survei diperkirakan sebesar kurang lebih 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan asumsi simple random sampling.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini