nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa Kecil Sebabkan Kehancuran Satu Kota di Peru

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 19 Maret 2018 06:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 18 18 1874521 gempa-kecil-sebabkan-kehancuran-satu-kota-di-peru-DUZek19wHa.jpg Foto: Pueblo Martir

PADA 19 Maret 1971, sebuah gempa bumi memicu serangkaian bencana - tanah longsor, banjir dan longsoran salju - yang mengakibatkan hancurnya Kota Chungar, Peru, dan kematian 600 penghuninya.

Chungar adalah sebuah kamp pertambangan di Pegunungan Andes, tempat para pekerja dan keluarga mereka tinggal dan mengeksploitasi tambang di dekatnya. Kamp itu berjarak sekira 90 kilometer sebelah utara Ibu Kota Peru, Lima dan terletak sekira 3.048 meter di atas permukaan laut, meski masih berada ribuan meter di bawah beberapa puncak di dekatnya.

Dilansir History, di hari yang nahas itu, sebuah gempa kecil yang berpusat di Pegunungan Andes membuat tanah di sepanjang lereng gunung dekat Chungar longsor. Longsor itu menyebabkan sejumlah besar tanah dan air masuk ke danau yang berada di atas Chungar. Air yang keluar dari danau tersebut membanjiri lereng bukit menuju Chungar, memicu longsoran salju, lumpur dan batu di sepanjang jalan.

Dalam hitungan detik, air, salju, batu dan lumpur menelan Chungar dan penduduknya. Beberapa orang yang selamat pergi untuk meminta pertolongan, tapi jalan dari dan menuju Chungar telah rusak dan mereka membutuhkan waktu delapan jam untuk mencapai kota terdekat dengan berjalan kaki. Tim penyelamat dari Lima, Cerro de Pasco dan Canta harus melintasi jalur gunung setinggi hampir 4.000 meter untuk mencapai lokasi tersebut. Pada saat mereka tiba, hanya sedikit yang bisa dilakukan untuk menarik orang-orang yang terkubur keluar dalam keadaan hidup.

Setahun sebelum kejadian tersebut, Peru mengalami bencana serupa saat dua kota terkubur longsor di Gunung Huascaran yang juga terletak di Pegunungan Andes.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini