Selundupkan Senjata ke Gaza, Pejabat Konsulat Prancis di Yerusalem Diciduk Aparat Israel

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Senin 19 Maret 2018 16:08 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 19 18 1874872 selundupkan-senjata-ke-gaza-pejabat-konsulat-prancis-di-yerusalem-diciduk-aparat-israel-iMTk8UhRs6.jpg Senjata api. (Foto: Dok Okezone)

YERUSALEM - Otoritas Israel menahan seorang pejabat Konsulat Jenderal Prancis di Yerusalem atas dugaan penyelundupan senjata ke Jalur Gaza, Palestina. Pria bernama Romain Franck itu menggunakan kendaraan konsulat Prancis dalam melakukan aksinya.

Badan Keamanan Israel, Shin Bet mengabarkan, Franck menyelundupkan total 70 pucuk pistol dan dua senapan serbu lewat perbatasan Gaza dengan Israel. Ia setidaknya lima kali hilir-mudik melewati perbatasan tersebut.

"Staf konsulat itu menyelundupkan persenjataan dalam beberapa bulan terakhir dengan menggunakan kendaraan Konsulat Jenderal Prancis sehingga mendapatkan keuntungan berupa pemeriksaan keamanan yang lebih ringan di Perbatasan Erez," bunyi pernyataan resmi Shin Bet, mengutip dari Reuters, Senin (19/3/2018).

Juru bicar Kedutaan Besar Prancis di Tel Aviv menerangkan, tersangka adalah anggota dari Konsulat Jenderal di Yerusalem. Ia memastikan bahwa Prancis menganggap kasus ini dengan serius dan bekerja sama dengan Otoritas Israel.

Sementara itu, Shin Bet menahan tersangka atas tuduhan sebagai jaringan Palestina yang menyelundupkan persenjataan tingkat militer dari Jalur Gaza. Namun, Shin Bet tidak menyebutkan kapan persisnya tersangka ditangkap.

Romain Franck dijadwalkan hadir dalam persidangan yang akan berlangsung siang waktu setempat di Beersheba. Menurut seorang pejabat keamanan Israel, tindakan pelaku menyelundupkan senjata ke Gaza karena motif finansial.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini