nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPAI Terima Banyak Pengaduan Kekerasan di Sekolah

Senin 19 Maret 2018 15:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 03 19 65 1874857 kpai-terima-banyak-pengaduan-kekerasan-di-sekolah-JFaZqjwmpK.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Komisioner Bidang Pendidikan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti mengatakan pihaknya banyak menerima pengaduan kekerasan terhadap murid yang dilakukan guru, kepala sekolah, petugas sekolah dan murid pada awal 2018.

"Berbagai kasus kekerasan yang dilakukan oknum guru terhadap muridnya menunjukkan sekolah yang seharunsya menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi murid ternyata bisa menjadi tempat yang berbahaya," kata Retno dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (19/3/2018).

Hal itu juga menunjukkan bahwa guru sebagai pendidik yang seharusnya menjadi pelindung bagi anak, justru bisa menjadi oknum yang membahayakan anak-anak.

Pengaduan yang diterima KPAI didominasi oleh kekerasan fisik dan anak korban kebijakan yang mencapai 72 persen. Kemudian diikuti kekerasan psikis sebanyak sembilan persen, kekerasan finansial atau pemalakan oleh sesama murid sebanyak empat persen dan kekerasan seksual dua persen.

"Kasus kekerasan seksual oknum guru terhadap murid yang viral melalui media, meskipun tidak dilaporkan langsung ke KPAI, tetapi tetap diawasi, mencapai 13 persen," tuturnya.

Karena itu, KPAI mendorong sekolah untuk membuka posko pengaduan dan mendorong murid-muridnya untuk berani melapor bila mengalami kekerasan, baik fisik, psikis, finansial maupun seksual.

"Selain itu, juga harus ada sistem perlindungan agar murid yang menjadi korban atau saksi kekerasan di sekolah juga terlindungi," katanya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini